Selektif Memilih Wadah Plastik Jangan Sampai Jadi Penyakit

Pemakaian wadah plastik dengan material berbahaya, bisa memicu kanker.

Mutia Nugraheni
| 26 Maret 2018 19:31

Dream - Wadah plastik kerap kali jadi pilihan untuk membawa makanan atau minuman saat harus ke luar rumah. Wadah ini memang cukup praktis dan harganya pun sangat terjangkau. Tapi dalam memilih wadah plastik, Sahabat Dream harus selektif.

Pastikan wadah plastik yang digunakan aman, tidak berbau atau mengandung zat yang bisa memicu penyakit. Pemakaian wadah plastik dengan material berbahaya, dalam beberapa kasus bisa menimbulkan sejumlah masalah. Antara lain keracunan, masalah hormo, bahkan kanker.

" Jika salah menggunakan jenis plastik, misalnya jenis plastik PET yang digunakan secara berulang dan terkena panas secara langsung. Maka hal ini bisa menyebabkan penyakit kanker," ujar dr. Lula Kamal dalam acara Technoplast Seminar di Artotel Jakarta Pusat, Senin 26 Maret 2018.

Lula menjelaskan jenis plastik PET yang biasanya digunakan untuk bahan botol air mineral bukan diperuntukkan pemakaian berulang. Jenis plastik ini dirancang untuk satu kali penggunaan saja. Jika digunakan berulang dapat meningkatkan risiko terkonsumsinya bahan plastik dan bakteri yang berkembang pada bahan tersebut.

" Kanker yang muncul akibat jenis plastik ini tidak langsung terlihat. Bisa saat di usia tua atau mungkin ketika sudah parah," ungkap dr. Lula.

Untuk itu, ia berpesan agar jangan menggunakan kembali plastik-platik kemasan sekali pakai. Perhatikan material dalam memilih plastik. Cari yang tidak mengandung bisphenol A (BPA Free) yang diketahui bisa memicu kanker dan menimbulkan masalah kesehatan.

Laporan: Dina Nazhifah

Topik Terkait :

Jokowi Resmi Lantik Pengisi Dua Kementerian Baru dan Kepala BRIN

Jangan Lewatkan