Segera Buka Jendela Setelah Masak, Jangan Sampai...

Tumpukan minyak dan debu yang dibiarkan dalam waktu lama akan makin lengket.

Mutia Nugraheni
| 3 Mei 2017 12:04

Dream - Merebus, menggoreng, mengukus dan segala macam aktivitas di atas kompor maupun alat elektronik untuk mematangkan makanan pastinya akan menghasilkan asap. Asap-asap memang menyebarkan aroma nikmat ke seluruh rumah.

Tapi sayangnya, asap tersebut jika terperangkap di dalam ruangan akan menempel di berbagai barang dan membuatnya jadi kotor serta berminyak. Jangan heran kalau beberapa jam
setelah memasak, barang-barang terutama di area dekat kompor jadi sangat berminyak.

Jika dibiarkan saja, debu-debu akan banyak menempel di minyak dan membuatnya jadi menghitam. Makin lama dibiarkan, minyak pun makin tebal dan debu kian menghitam. Aroma tak sedap muncul dan jamur pun bisa berkembang biak dengan mudah.

" Tumpukan minyak dan debu yang dibiarkan dalam waktu lama akan makin lengket dan sangat sulit dibersihkan," ujar Melissa Maker, seorang praktisi kebersihan dan penulis buku Clean
My Space, seperti dikutip dari The Kitch.

Ia sangat menyarankan untuk segera membuka jendela saat memasak. Jika dapur tak punya ventilasi yang baik, pasanglah stovetop fan yang akan 'mengolah' asap kompor yang meminimalkan penyebarannya ke seluruh bagian dapur dan rumah.

" Buka juga seluruh pintu, terutama yang punya akses langsung ke luar atau ke halaman. Biarkan udara bergerak. Jangan menunggu, segera setelah memasak, bersihkan minyak yang menempel," kata Maker.

Setelah tak ada lagi asap dapur baru pintu dan jendela boleh ditutup kembali. Hal ini agar udara di rumah kembali segar dan meminimalkan risiko barang-barang di rumah jadi berminyak karena asap masakan.

 

Topik Terkait :

Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting

Jangan Lewatkan