Segera Bersihkan 3 Sumber Bau Tak Sedap dalam Rumah

Periksa saja hal-hal berikut.

Mutia Nugraheni
| 21 Maret 2019 08:23

Dream - Rumah sudah rutin dibersihkan, tapi kadang muncul bau tak sedap yang sangat menganggu. Kondisi ini pertanda kalau Sahabat Dream harus segera mencari sumber bau dalam rumah.

Jangan membiarkannya terlalu lama karena akan sangat menganggu kenyamanan. Ada tiga hal yang biasanya jadi sumber bau tak sedap. Periksa saja hal-hal berikut.

Tempat sampah
Setiap hari kita membuang sampah di dalamnya. Apalagi jika bercampur antara sampah basah dan sampah kering. Terjadi pembusukan di dalamnya. Meskipun tempat sampah dilengkapi penutup tapi aromanya bisa menyeruak jika tertiup angin.

Sangat dianjurkan untuk mencuci tempat sampah secara rutin. Bisa menggunakan cairan disinfektan, air panas serta sabun pembersih. Cuci hingga noda lengket dan membandel yang merupakan sumber bau terangkat.

Saluran air di bak cuci piring
Bagian satu ini juga kerap jadi sumber bau busuk di dalam rumah. Segala macam bekas bumbu dan makanan masuk ke dalamnya setiap hari. Campuran minyak dan berbagai sampai makanan tentunya akan menimbulkan bau tak sedap.

Untuk itu, satu kali dalam seminggu bersihkan saluran dengan campuran air dan baking soda. Caranya dalam wadah berukuran besar, campur dua gelas air panas dan 3 sendok makan baking soda. Setelah itu tuang ke dalam saluran. Diamkan selama 10-15 menit lalu buka kran air untuk membilasnya.

Sikat juga bak cuci yang berlendir, kemudian siram dengan disinfektan dan pewangi. Dapur dan seluruh rumah pun akan beraroma sedap.

Kamar mandi
Aroma tak sedap juga kerap menyeruak dari kamar mandi, terutama WC. Jangan lupa untuk melakukan 'deep clean' di WC dengan cairan khusus untuk membersihkan kotoran. Bisa juga menggunakan garam atau bubuk khusus WC agar tidak tersumbat dan berbau.

Rutinlah menyiram kamar mandi dengan cairan pembersih atau disinfektan. Pilih yang beraroma segar. Taruh juga produk penyerap baru agar aroma kamar mandi terjaga.

Sumber: Real Simple

Belajar Jadi Orangtua yang Lebih Baik di Fimelahood #MindfulParenting

Jangan Lewatkan