Seberapa Besar Efek Interior Rumah Pada Kesehatan Mental?

Banyak yang tak menyadari kalau kondisi rumah sangat berdampak pada kesehatan mental penghuninya.

Mutia Nugraheni
| 28 Juli 2020 08:06

Dream - Berbulan-bulan di rumah saja membuat banyak orang merasa kalau kondisi rumahnya penuh kekurangan dan butuh perbaikan. Mulai dari perabot, warna cat, tumbuhan, hingga sudut lain dalam rumah yang tak pernah terpikirkan sebelumnya.

Sebisa mungkin selama di rumah kita membuatnya rapi dan sedap dipandang mata. Pasalnya, belum tahu kapan pandemi bakal berakhir dan tempat yang paling aman adalah di rumah.

Banyak yang tak menyadari kalau kondisi rumah sangat berdampak pada kesehatan mental penghuninya. Bagaimanapun, keadaan rumah kita dapat secara langsung mempengaruhi keadaan pikiran. Toby Israel, penulis buku " Some Place Like Home: Using Design Psychology to Create Ideal Places" mengungkap kalau hal ini tak lepas dari dampak psikologis warna dan visual.

" Warna-warna terang mungkin membuat ruang terasa lebih terbuka sedangkan warna-warna gelap mungkin membuat orang merasa lebih tertutup. Jadi, untuk karantina saat ini, mungkin masuk akal untuk menggunakan warna yang lebih terang agar tidak merasa terlalu terkurung," katanya, seperti dikutip dari House Beautiful.

 

Selanjutnya :

Warna yang Nyaman

Streaming Digugat Cerai Pablo Benua, Begini Suara Hati Rey Utami

Jangan Lewatkan