Rutin Periksa 3 Perlengkapan Rumah Ini, Jangan Sampai Lengah

Dalam menata rumah, aspek keamanan sering tak terpikirkan atau dikesampingkan.

Mutia Nugraheni
| 21 April 2018 12:33

Dream - Rumah dianggap jadi tempat paling aman bagi keluarga. Tapi tak dipungkiri banyak kecelakan fatal justru terjadi di rumah. Seperti kebakaran, tersetrum, terjatuh, terjepit hingga keracunan.

Dalam menata rumah, aspek keamanan sering tak terpikirkan atau dikesampingkan. Hingga terjadi insiden kecelakaan di rumah pada salah satu anggota keluarga. Untuk itu, pastikan rutin memeriksa tiga bagian ini di rumah agar selalu aman.

Penyangga jendela
Penyangga jendela untuk membuka dan menutup seringkali tak terpasang dengan baik. Bisa juga tidak digunakan dengan tepat. Saat angin kencang atau ketika jendela bergoyang tiba-tiba menutup dan orang yang memegangnya terjepit. Hal ini tentu sangat berbahaya, bisa membuat jari luka bahkan hingga patah. Apalagi jika anak-anak yang memegang.

Pastikan penyangga tersebut dipasang dengan baik. Taruh di area yang sulit dijangkau anak-anak. Secara rutin periksa penyangga tersebut, jika ada yang rusak atau cacat, segera ganti.

Kabel listrik
Instalasi listrik di rumah juga harus diperiksa secara rutin. Kabel-kabel yang sudah lapuk, penuh dengan gigitan tikus harus segera diganti dengan yang baru. Jangan sampai jadi korsleting dan membahayakan seisi rumah. Termasuk stop kontak, rumah kabel serta bagian listrik lainnya. Jika ada menjuntai atau berantakan, rapikan segera demi mengurangi risiko tersetrum dan kebakaran.

Gas
Perlengkapan satu ini juga seringkali memicu insiden kebakaran jika tidak dipasang dengan benar. Pastikan selang-selang gas yang menyambung pada kompor dalam kondisi baik. Tidak ada kebocoran atau mulai lapuk dimakan usia. Sebaiknya memang rutin diperiksa saat mengganti dengan yang baru. Sehingga jika ada rusak atau cacat bisa langsung diganti atau diperbaiki.

Sumber: PopSugar

Topik Terkait :

Jokowi Resmi Lantik Pengisi Dua Kementerian Baru dan Kepala BRIN

Jangan Lewatkan