Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Rutin Bersihkan Bunga dan Tanaman Artifisial Biar Seperti Asli

Rutin Bersihkan Bunga dan Tanaman Artifisial Biar Seperti Asli Tanaman Artifisial/ Foto: Shutterstock

Dream - Menaruh berbagai bunga atau tanaman dalam rumah memang bisa memunculkan suasana segar dan asri. Bagi Sahabat Dream yang tak punya waktu merawat tanaman, bunga atau tanaman artfisial bisa jadi solusi.

Tak perlu disiram atau diberi pupuk. Cukup taruh di sudut yang diinginkan, tampilan ruangan pun jadi berbeda dalam sekejap. Beberapa tanaman palsu bahkan tampak seperti asli dan tak kalah cantik.

Kuncinya adalah memastikan kondisinya bersih dan warnanya tak pudar. Untuk tanaman buatan sebenarnya juga butuh perawatan yaitu membersihkannya secara rutin. Pasalnya, debu sangat mudah menumpuk di daun dan bunga buatan.

Bagaimana cara membersihkannya? Lakukan langkah-langkah berikut agar tanaman palsu tampak seperti asli karena selalu bersih.

- Bersihkan debu
Selalu bersihkan debu yang menempel di tanaman atau bunga palsu. Bisa menggunakan kemoceng atau pengisap debu mini. Untuk bahan yang halus bisa menggunakan tisu basah. Debu halus ini jika dibiarkan akan semakin sulit dibersihkan, jadi pastikan bersihkan secara teratur.

Bila kondisinya memungkinkan, coba cuci dan bilas tanaman. Terutama jika debunya sudah menumpuk. Keringkan, lalu taruh lalu dalam pot.

 

 

Lakukan Juga Dua Hal Ini

- Taruh di area yang jauh dari paparan sinar matahari
Sebagian besar pohon buatan dapat ditaruh d luar, tetapi selalu periksa label perawatan. Sebaiknya jangan langsung terkena cahaya matahari. Panas matahari akan membuat warnanya memudar dan materialnya rusak. Bisa mengelupas atau bahkan hancur jika terlalu lama terkena paparan matahari.

- Pindahkan tanaman secara teratur
Penting juga untuk memindahkan tanaman atau bungaIni akan membantu mengurangi pemudaran pekat di satu area. Misalnya jika biasanya di dekat pintu, pindah ke area keluarga atau ke dapur.

Sumber: GoodHouseKeeping

5 Tanaman Beracun yang Sebaiknya Tak Ditaruh dalam Rumah

Dream - Tanaman segar atau yang berdaun lebar, memang kerap memanjakan mata. Bagi pecinta tanaman, mungkin akan menaruhnya dalam ruangan agar bisa memandangi setiap saat.

Banyak yang tak tahu kalau beberapa tanaman dipercaya bisa mengalirkan energi negatif atau memiliki beracun. Sangat tidak direkomendasikan untuk ditaruh dalam rumah, terutama area keluarga atau ruang tidur.

Tanaman apa saja? Berikut daftarnya dikutip dari Decortips.

Philodendron
Ini adalah tanaman yang besar dan sangat indah. Alasan mengapa tidak boleh berada di dalam ruangan adalah karena beracun. Jika tertelan oleh seseorang, dapat menyebabkan pembengkakan di mulut dan saluran pencernaan. Jika memiliki hewan peliharaan, seperti kucing, kelinci yang dibiarkan dalam rumah dan memakannya bisa menyebabkan kejang.

Daffodil
Merupakan tanaman berbunga yang sangat populer karena keindahan warnanya berupa kuning terang. Pada hewan bunga ini bisa memicu keracunan menyebabkan iritasi pada mulut, muntah, kejang, gastroenteritis, diare berdarah, dan bahkan kelumpuhan pernapasan. Bagi yang memiliki balita atau anak kecil penuh rasa penasaran, sebaiknya jauhi dari tanaman ini.

 

Hindari Tanaman Ini Dalam Ruangan

Dieffenbachia

Daun Bahagia

Dikenal juga dengan sebutan Daun Bahagia. Memiliki daun lebar dengan perpaduan dua gradasi hijau. Warnanya memang sangat indah, tak heran kalau banyak orang menaruhnya dalam ruangan. Rupanya, daun ini juga bisa memicu keracunan seperti pembengkakan di mulut dan tenggorokan, mual, muntah, dan diare karena kristal kalsium oksalatnya.

Kaktus

8 Jenis Kaktus yang Bikin Sudut Ruangan Makin Cantik


Kaktus diketahui merupakan tanaman yang bisa menarik energi buruk, jadi tidak disarankan berada di dalam ruangan. Lokasi yang ideal adalah menaruhnya di luar, di teras atau meja luar rumah.

Bonsai

Bonsai

Pohon berukuran kecil ini sangat diminati karena tampilannya yang indah, bahkan harganya cukup mahal. Hal ini juga membuat banyak orang menaruhnya dalam rumah. Tanaman ini seperti yang kita tahu 'dikerdilkan' agar tampak menarik, rupanya hal itu dianggap bisa memicu energi negatif dalam rumah.

Cara Cegah Tanaman dalam Ruangan Menguning

Dream - Menempatkan tanaman dalam ruangan tentunya kita berharap ada suasana asri nan segar. Terutama tampilan hijaunya daun yang memanjakan mata. Ada kalanya daun di tanaman yang awalnya hijau jadi menguning.

Pastinya daun yang menguning sangat menganggu, terutama pada tanaman yang diletakkn dalam rumah. Penyebab utama daun menguning ada dua, pertama karena tidak disiram sesuai kebutuhannya. Bisa karena kelebihan air dan sistem drainase yang tidak memadai yang dapat menyebabkan akar tanaman membusuk.

Kedua, daun menguning karena terlalu banyak terpapar sinar matahari langsung yang menyebabkannya terbakar. Untuk mencegah hal tersebut tersebut terjadi pada tanaman indoor kesayangan, Sahabat Dream bisa melakukan hal ini.

1. Diamkan air selama 48 jam, baru siram
Ini adalah trik paling sederhana. Tampung air dalam wadah dan diamkan selama 48 jam agar kristal kalsium mengendap dan kalsium yang larut dalam air lebih sedikit.
Gunakan air untuk menyiram. Berhati-hatilah agar tidak mengaduknya. Sebagai gantinya, gunakan sendok dapur untuk menyendok air dengan lembut.

2. Gunakan kompos
Tambahkan kompos ke substrat tanaman untuk memastikan nutrisi yang baik. Salah satu pilihannya adalah bubuk kopi, yang bersifat asam, kaya akan berbagai nutrisi, dan mencegah air sadah menaikkan pH.

 

Paparan Matahari dan Irigasi

3. Paparan matahari yang seimbang
Setiap tanaman berbeda, tetapi secara umum, tanaman butuh dosis 'terang' dan 'gelap' secara seimbang. Jika tanaman selalu berada di tempat teduh, cobalah menjemurnya di siang hari. Sebaliknya, jika berada selalu di bawah sinar matahari, mungkin butuh sedikit penghalang.

Tanaman menguning

4. Kontrol irigasi
Penting bagi untuk mengontrol irigasi tanaman. Jika terlalu banyak menyiram, dapat mengidentifikasi kelembapan media dengan sentuhan. Pastikan memiliki drainase dan buat lubang kecil di bawah pot untuk mengeluarkan air. Jika substratnya kering, cobalah untuk menyiram lebih sering daripada yang biasa dilakukan.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Bikin Tumis Pare Gurih,  Ada Trik Kurangi Rasa Pahitnya

Bikin Tumis Pare Gurih, Ada Trik Kurangi Rasa Pahitnya

Ada banyak variasi tumis pare yang dapat disajikan dengan tambahan berbagai bahan lainnya, sehingga membuat hidangan semakin nikmat.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Cara Atasi Uban Agar Kembali Gelap hanya dengan 3 Bahan Dapur

Cara Atasi Uban Agar Kembali Gelap hanya dengan 3 Bahan Dapur

Cara ampuh untuk mengurangi dan menyamarkan uban agar rambut kembali hitam.

Baca Selengkapnya
Bersihkan Setrika Kesat Cuma Pakai 2 Bahan

Bersihkan Setrika Kesat Cuma Pakai 2 Bahan

Jangan biarkan setrika kesat dan kotor membuat pakaianmu tidak rapi. Bersihkan setrika dengan 2 bahan untuk mengatasinya.

Baca Selengkapnya
Simpan Stroberi dengan Cara yang Tepat Agar Tidak Mudah Membusuk

Simpan Stroberi dengan Cara yang Tepat Agar Tidak Mudah Membusuk

Stroberi akan mudah membusuk jika disimpan di suhu ruang atau dibiarkan dalam keadaan lembap. Lakukan beberapa langkah untuk memastikan stroberi tidak membusuk.

Baca Selengkapnya
9 Buah Ini Bantu Tubuh Tetap Terhidrasi saat Cuaca Terik Terjadi, Mana Kesukaan Kamu?

9 Buah Ini Bantu Tubuh Tetap Terhidrasi saat Cuaca Terik Terjadi, Mana Kesukaan Kamu?

Buah-buahan yang tidak hanya menyegarkan, tetapi juga mengandung kadar air tinggi.

Baca Selengkapnya