Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Rumah Terasa Suram dan Pengap? Segera Lakukan Ini

Rumah Terasa Suram dan Pengap? Segera Lakukan Ini Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Dream - Suasana gelap dan suram bukanlah hal yang baik untuk rumah. Kita harus melakukan sedikit perubahan dan menjadikannya tempat yang menyenangkan dan penuh energi.

Rumah adalah tempat di mana kita mencari rasa santai dan damai. Membiarkannya dalam kondisi suram tentu sangat tidak baik bagi kondisi psikologis. Hati-hati dengan dekorasi yang dipilih dan pahami kebutuhan akan ruang yang nyaman penuh vitalitas yang layak untuk kehidupan sehari-hari.

Pastikan tiap ruangan mendapat cahaya yang cukup, furnitur yang menarik, kombinasi warna yang sempurna, dan suasana menjadi lebih hidup, bukan suram. Tidak ada yang lebih baik daripada merasa bahagia di rumah sendiri.

Bagaimana bisa tahu jika suatu lingkungan suram?
Saat memutuskan apakah suatu lingkungan suram atau tidak, ada faktor berbeda yang dikaitkan dengan dekorasi. Namun demikian, sebenarnya cahaya yang memainkan peran dasar dalam hal ini. Ini karena kontribusi estetika dan perasaan yang ditimbulkannya.

 

Hindari suasana suram di rumah

Ketikaberada di ruangan yang gelap, kita cenderung memikirkan kesedihan. Jadi inilah saatnya untuk mengubah dan membuat rumah jauh lebih terbuka, dinamis, dan hidup. Suasana yang remang-remang atau gelap di dalam rumah Anda dapat menyebabkan perasaan negatif.

Bagaimana caranya menghilangkan suasana suram di rumah?

1. Untuk memulainya, buka tirai, biarkan udara masuk dalam ruangan. Juga, biarkan banyak cahaya alami masuk ke ruangan untuk menciptakan lingkungan yang damai. Lampu yang selalu menyala bisa sangat merangsang pikiran Anda.

2. Ide yang bagus untuk mengecat dinding dengan warna ceria yang enak dipandang. Warna-warna tanah dan warna-warna hangat mengangkat semangat dan mengubah rumah menjadi tempat yang lebih nyaman. Jika Anda menginginkan energi, Anda dapat memilih warna yang lebih cerah.

3. Menggunakan warna putih mencerahkan ruang dan berpadu dengan baik dengan warna lain. Oleh karena itu, ini adalah pilihan yang bagus untuk dinding dan furnitur. Faktanya, warna ini bisa memicu ketenangan.

Sumber: DecorTips

Jangan Abai, Ini Area Rumah yang Sering Lupa Dibereskan

Dream - Libur akhir tahun kali ini memang sebaiknya tetap di rumah saja. Hal ini mengingat pandemi belum kunjung berakhir. Untuk mengisi waktu liburan dan membuat lebih nyaman bagaimana kalau mengisinya dengan beres-beres sudut rumah yang sering terlewatkan.

Tanpa disadari, beberapa area rumah ini penuh dengan tumpukan barang yang tak beraturan. Kondisi ini tentunya tak sehat, karena cenderung menjadi tumpukan debu. Apa saja area rumah yang kerap lupa dibereskan? Segera tengok empat area berikut.

Koleksi CD, DVD atau rekaman
Bagi Sahabat Dream yang dulu suka mengoleksi album berupa CD, DVD atau mungkin vinyl, pastikan membereskan dan membersihkannya secara teratur. Sortir kembali mana yang masih bisa didengarkan, rusak atau mungkin ingin dijual dan diberikan ke orang lain agar rumah tak terlalu penuh barang. Koleksi ini biasanya dibiarkan bertumpuk begitu saja selama bertahun-tahun, sangat berantakan dan berdebu.

Rak sepatu

Rak sepatu

Bagian satu ini biasanya dipenuhi dengan sepatu dan sandal koleksi lama yang tak dipakai lagi. Tak dibuang dan juga tak digunakan. Akhirnya hanya memenuhi lemari atau rak sepatu, rusak dan berdebu.

Untuk itu segera singkirkan alas kaki lawas yang tak lagi digunakan. Rak sepatu pun tak lagi penuh, penyimpanan jadi lebih efektif. Jangan lupa juga menyimpan dalam kotak transparan koleksi sepatu dan sandal agar lebih mudah dicari.

 

Koleksi buku dan Aksesori

Buku
Untuk yang satu ini biasanya sangat personal. Mereka yang memiliki banyak buku, biasanya sangat protektif terhadap 'hartanya'. Sayangnya, rak buku juga kerap dibiarkan berantakan dan berdebu.

Bila memang dirasa koleksi buku sudah berlebihan atau rak tak cukup lagi menampung, segera lakukan sortir. Pilih buku mana yang mau disimpan atau dijual/ diberikan pada orang lain. Bersihkan debu dan angin-anginkan koleksi buku agar tak rusak.

Kotak aksesori

Kotak aksesori


Penyimpanan aksesori seperti anting, cincing, gelang, atau penjepit rambut juga kerap luput dari perhatian. Semuanya menumpuk jadi satu, bahkan sampai menyangkut satu sama lain. Bereskan lagi dengan rapi, simpan dengan benar agar tak rusak mudah dicari saat dibutuhkan. Penyimpanan akseseori yang berantakan juga akan membuatnya menggesek satu lain.

 

Kebiasaan Sederhana yang Bikin Rumah Selalu Rapi

Dream - Kondisi rumah di masa social distancing seperti sekarang, biasanya sangat berantakan. Semua anggota keluarga di rumah dan memiliki aktivitas masing-masing. Untuk menjaganya selalu nyaman selama bekerja dan sekolah dari rumah, tentunya merupakan sebuah tantangan.

Banyak yang menunda-nunda untuk melakukan pekerjaan merapikan dan membereskan rumah. Padahal, kita bisa memanfaatkan waktu yang sempit, untuk beres-beres atau membersihkan rumah.

Bagaimana caranya?

Taruh alat bersih di tiap area rumah
Jangan menyimpan sapu hanya di dapur, tapi juga di area tengah atau ruangan keluarga. Biasanya anak-anak berkumpul di sini, baik untuk mengerjakan tugas atau bersantai. Bila ada kotoran atau lantai penuh dengan remahan bisa langsung dibersihkan. Sediakan juga tempat sampah agar bisa langsung dibuang.

 

 

Lakukan dalam hitungan menit

Ketika seluruh orang rumah sibuk dengan aktivitasnya tentu sangat sulit untuk memintanya bersih-bersih. Biasakan untuk memanfaatkan waktu yang sedikit untuk merapikan barang yang ada di depan mata. Misalnya, langsung melap tumpahan air, rapikan gelas dan buah sampah. Tak butuh waktu banyak, hanya 5 hingga 10 menit. Jadikan hal ini kebiasaan, rumah pun akan lebih rapi.

Libatkan seluruh anggota keluarga

Kebersihan dan kenyamanan rumah merupakan tangging jawab semua orang. Untuk itu berikan pembagian tugas pada anak-anak. Jika perlu, tuliskan di karton agar anak selalu mengingatnya. Mintalah setiap anggota keluarga bertanggung jawab atas tugas yang berbeda, seperti membersihkan meja, membersihkan meja ruang makan, menyedot debu dan menyapu.

Rumah bersih dan rapi sebelum tidur

Sebelum tidur, pastikan sepatu dan mantel sudah disingkirkan, piring dan gelas kotor sudah tak ada lagi di meja. Bak cuci piring juga sudah kosong. Saat bangun pagi dan rumah dalam kondisi rapi akan membuat mood seluruh keluarga jadi lebih baik.

Sumber: PureWow

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
13 Arti Mimpi Melihat Kuburan di Dalam Rumah, Cerminan Rasa Takut dan Kegelisahan

13 Arti Mimpi Melihat Kuburan di Dalam Rumah, Cerminan Rasa Takut dan Kegelisahan

Arti mimpi kuburan di dalam rumah dapat menggambarkan kondisi psikologis si pemimpi, seperti gambaran ketakutan dan kegelisahan.

Baca Selengkapnya
Susah Tidur Malam Walau Lelah, Ini Sebabnya

Susah Tidur Malam Walau Lelah, Ini Sebabnya

Tubuh yang lelah tidak menjamin kamu lebih mudah tertidur di malam hari. Kondisi mental ternyata bisa jadi penyebab kamu sulit tidur meski sudah lelah.

Baca Selengkapnya
Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan pada Pasangan, Terapkan Jika Ingin Hubungan Sehat

Cara Mengatasi Cemburu Berlebihan pada Pasangan, Terapkan Jika Ingin Hubungan Sehat

Cemburu adalah salah satu emosi negatif yang berdampak buruk untuk sebuah hubungan. Yuk, simak cara ampuh untuk mengatasinya!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Rumah Kebakaran! 8 Potret Kondisi Ayah Fikoh LIDA Usai Kejadian Bikin Nangis, Raut Wajahnya …

Rumah Kebakaran! 8 Potret Kondisi Ayah Fikoh LIDA Usai Kejadian Bikin Nangis, Raut Wajahnya …

Kondisi Ayah Fikoh LIDA usai rumahnya kebakaran bikin terenyuh

Baca Selengkapnya
Kenali Narsistik Terselubung, Gejala Mental yang Sering Terjadi namun Jarang Diketahui

Kenali Narsistik Terselubung, Gejala Mental yang Sering Terjadi namun Jarang Diketahui

Kenali gejala-gejala narsistik terselubung agar terhindar. Yuk, simak lebih lengkap!

Baca Selengkapnya
Tips Menjaga Keharuman Setiap Ruangan di Rumah, Bebas Bau Tak Sedap yang Mengganggu

Tips Menjaga Keharuman Setiap Ruangan di Rumah, Bebas Bau Tak Sedap yang Mengganggu

Kenyamanan rumah juga ditentukan dari aroma yang ada di setiap ruangan.

Baca Selengkapnya
7 Posisi Pintu Rumah yang Membawa Berkah, agar Rezeki Kamu yang akan Datang Tidak Terhalang

7 Posisi Pintu Rumah yang Membawa Berkah, agar Rezeki Kamu yang akan Datang Tidak Terhalang

Mendesain sebuah rumah sangat penting memerhatikan posisi setiap pintunya.

Baca Selengkapnya
Curhat Suami Diteror Kelabang yang Asalnya Tak Diketahui Pasti, Istri Sampai Alami Panic Attack Saat Hampir Digigit

Curhat Suami Diteror Kelabang yang Asalnya Tak Diketahui Pasti, Istri Sampai Alami Panic Attack Saat Hampir Digigit

Pasutri diteror kelabang yang tidak diketahui asal dan dari mana datangnya. Mental istri sampai terganggu.

Baca Selengkapnya
Penampakan Dapur di Rumah Ucok Baba, Ternyata Kondisinya…

Penampakan Dapur di Rumah Ucok Baba, Ternyata Kondisinya…

Sebelum terkenal seperti sekarang, Ucok Baba pernah hidup pas-pasan

Baca Selengkapnya