Rumah Kubus Putih di Korea, Intip Desain Uniknya

Kamar tidur bisa berpindah empat kali dalam setahun.

Mutia Nugraheni
| 9 Februari 2019 10:19

Dream - Desain rumah yang unik selalu saja mencuri perhatian. Seperti sebuah rumah yang dibangun di dekat waduk penampung air untuk pertanian, Korea Selatan. Secara alamiah, lahan ini berangsur memulihkan kondisi aslinya, menyerupai danau alami.

Dikutip dari Athome.id, ketika Younghan Chung dari Archiholic diminta untuk merancang hunian di tempat ini, mereka membuat kolam sebagai cara untuk menghadirkan pengalaman, bukan hanya visual, namun juga suasana yang sama dengan kondisi alami sekitar lokasi.

 Floating cubes

(Foto: Joon Hwan Yoon, Younghan Chung Architects)

Younghan Chung adalah arsitek lulusan HanYang University yang mendirikan biro desainnya sendiri, Studio Archiholic, di tahun 2002. Pria yang lahir di Seoul ini dikenal sebagai arsitek muda yang gemar melakukan desain-desain eksperimental menggunakan pendekatan yang berbeda-beda.

Hasil karya terbarunya adalah hunian yang dinamakan ‘Floating Cubes’. Tujuh buah kubus tersusun berdekatan membentuk hierarki ruang yang unik. Kubus-kubus berukuran 3×3 meter yang tersebar di atas permukaan air.

 Floating cubes

(Foto: Joon Hwan Yoon, Younghan Chung Architects)

Bangunan kubus tidak dirancang untuk fungsi tertentu, kecuali tiga kubus yang dirancang sebagai dua buah dapur dan satu kamar mandi. Jadi, penghuni bisa menentukan sendiri fungsi ruang-ruang pada empat kubus lainnya.

Mereka bebas mengubah-ubahnya kapan pun mereka mau. Konsep ini menghadirkan pengalaman tidak biasa dalam menempati sebuah hunian. Bayangkan, kamar tidur Anda bisa berpindah empat kali dalam setahun.

 Floating cubes

(Foto: Joon Hwan Yoon, Younghan Chung Architects)

Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik

Jangan Lewatkan