Rumah Hadap Utara atau Selatan Dianggap Ideal, Ketahui Alasannya

Pencahayaan alami dari matahari sangat penting, tapi ada pertimbangan lain.

Mutia Nugraheni
| 7 Januari 2021 12:02

Dream - Lokasi rumah terhadap matahari seringkali jadi pertimbangan saat memilih rumah. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, sebagian besar orang memilih rumah yang menghadap utara atau selatan.

Mengapa? Panas dari cahaya matahari jadi pertimbangan utama. Panas oleh radiasi matahari dapat merusak dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Oleh sebab itu, gelombang cahaya matahari ini harus disaring untuk sebelum masuk ke ruangan.

Hal ini dilakukan untuk memunculkan penerangan yang cukup sekaligus tidak menimbulkan suhu yang berlebihan. Cahaya yang masuk ke dalam ruang dapat diatur sedemikian rupa dengan memperhatikan arah hadap/orientasi bangunan itu sendiri.

Supaya sinar matahari yang didapat optimal, maka harus dibuat bukaan yang tepat untuk menentukan kualitas cahaya matahari yang masuk ke dalam rumah. Sumber cahaya alami seharusnya jadi faktor utama penentu dalam menyusun dan menata ruang.

Kendati demikian, membawa cahaya ini ke dalam rumah harus dilakukan dengan hati-hati. Sebagai penerang alami, sifat penerangan yang diberikan oleh matahari adalah penyinaran merata dan terjadi terus menerus.

 

Selanjutnya :

Level Radiasi

Gempa Besar Guncang Sulewesi Barat di Dini Hari

Jangan Lewatkan