Redakan Cemas dengan Beres-beres Rumah, yuk!

Kuncinya meredakan rasa cemas ternyata terletak dalam kemampuan mengontrol keadaan.

Mutia Nugraheni
| 25 Maret 2019 16:05

Dream - Sering merasa gelisah atau cemas? Cobalah beres-beres atau membersihkan area rumah. Bukan hanya membuat hunian jadi lebih rapi dan nyaman, tapi bisa mengurangi level kecemasan yang Sahabat Dream alami.

Hal tersebut bukan isapan jempol belaka dan terbukti dalam sebuah penelitian yang dipublikasi di Journal Mindfulness. Diketahui, mereka yang sedang mencuci piring dengan kemauan sendiri, akan mengambil waktu sejenak dan fokus merasakan busa sabun, air serta merasakan tekstur piring yang bersih, level kecemasannya berkurang hingga 27 persen.

Sementara itu, ada kenaikan dalam level yang disebut 'inspirasi mental'. Kecemasan yang dialami menyebabkan pembersihan yang dilakukan jadi lebih cermat. Hal ini menurut sebuah studi tahun 2015 dari tim University of Connecticut.

Para peneliti berteori bahwa orang cenderung ke perilaku berulang (seperti membersihkan) selama masa stres. Mengapa? Ini semua tentang kontrol.

" Seseorang ingin dapat melakukan sesuatu ketika cemas, dan apa yang diinginkan adalah mengendalikan dan mengambil tindakan," kata Alicia H. Clark, Psy.D., seorang psikolog klinis berlisensi dan penulis 'Hack Your Anxiety'.

Clark lanjut menjelaskan bahwa kecemasan yang sehat adalah kecemasan yang tidak melemahkan atau menghalangi tanggung jawab harian seseorang. Hal tersebut merupakan emosi normal yang dapat bermanfaat.

" Itu menarik perhatian kita pada hal-hal yang paling kita pedulikan. Kecemasan dapat menyebabkan banyak kegelisahan, namun itu seharusnya memotivasi," ungkap Clark.

Dengan bersih-bersih, membereskan barang di rumah kita menggunakan kekuatan kontrol yang dimiliki terhadap rumah dengan membuat kondisinya lebih baik.

Hal tersebut sangat berdampak pada psikologis. Kegelisahan yang dialami semacam disalurkan kepada hal yang bermanfaat dan tak merugikan orang lain.

Sumber: House Beautiful

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone

Jangan Lewatkan