Rancangan Unik Rumah Selebar 4 Meter di Bandung

Sang perancang terinspirasi gaya rumah pedesaan di Eropa.

Mutia
| 3 Desember 2018 16:10

Dream - Banyak yang beranggapan rumah mungil identik dengan suasana sempit dan membosankan. Pendapat tersebut bisa berubah seketika, jika melihat desain HABA House di Bandung, Jawa Barat rancangan Dendy Darman.

Lebar rumah ini hanya empat meter dengan panjang sepuluh meter. Terdengar sempit, tapi saat masik ke dalamnya rasa nyaman dan nuansa modern begitu terasa. Dendy menggunakan dimensinya sendiri dalam merancang furnitur pengisi rumah ini. Semua disesuaikan dengan ukuran ruang yang kecil.

" Saya banyak belajar soal dimensi furnitur untuk ruang terbatas dari desainer Jepang. Mereka sudah terbiasa dengan hunian compact yang fungsional,” ujar Dendy dikutip dari Athome.id.

Ruang berbentuk memanjang memuat ruang keluarga, dapur bersih, dan ruang makan dalam luasan 40 meter persegi. “ Saya menambahkan profil pada dinding ruang keluarga untuk memberi kesan hangat yang membedakannya dengan ruang lain," ungkap Dendy.

 Dapur HABA House

(Foto: Instagram @syafrilphoto via Athome.id)

Warna yang dipilih pun cenderung warna monokrom. Seperti hitam, putih, abu-abu, coklat, dan warna alam. Dendy terinspirasi rumah pedesaan di Eropa pada HABA House.

Apalagi rumah tersebut dibangun di lingkungan yang masih sejuk dengan banyak pepohonan. Kontur jalan yang lebih tinggi dari halaman belakang dimanfaatkan untuk menciptakan pengalaman ruang yang berbeda.

Ketinggian pintu masuk seolah tidak biasa. Padahal itu hanya ilusi bidang yang membuat tampilan rumah jadi makin menarik.

Selengkapnya baca di sini.

Topik Terkait :

JOKOWI AKUI TAHU BAHASA ACEH DI DEPAN ULAMA

Jangan Lewatkan