Rahasia Merawat Tanaman Sukulen Agar Tak Membusuk

Sukulen memang membutuhkan perawatan khusus yang sama sekali tidak seperti tanaman biasa.

Mutia Nugraheni
| 4 Januari 2021 12:04

Dream - Tanaman sukulen banyak dipilih untuk menghiasi meja kerja atau area sudut rumah. Tampilannya dengan bentuk yang unik dan memiliki warna cerah membuat tanaman ini memberikan sentuhan berbeda.

Tak perlu banyak area yang dibutuhkan untuk menanam sukulen. Hal itu pula yang membuat tanaman ini jadi pilihan utama bagi yang memiliki rumah mungil. Banyak yang beranggapan kalau merawatnya sangat mudah, padahal dibutuhkan trik tertentu agar tanaman ini tak membusuk dan mati.

Sukulen memang membutuhkan perawatan khusus yang sama sekali tidak seperti tanaman lain. Langkah pertama adalah pilih substrat dan pupuk yang digunakan dengan sukulen.
Selalu kenakan sarung tangan saat merawat sukulen agar tumbuh indah dan kuat.

Mengapa? Sarung tangan juga akan mencegah sukulen terkena penyakit atau cacat. Kedua, ingatlah bahwa sukulen membutuhkan sedikit air Kebutuhan air berkurang karena sukulen dapat menyerap kelembapan dari lingkungannya dan menyimpannya di daun serta di batang dan akar.

Kapasitasnya untuk menyimpan kelembapan membuat penyiraman berlebih menjadi masalah dan membuatnya membusuk lalu mati. Karena itu, bahkan selama bulan-bulan terpanas, sirami seminggu sekali saja saat suhu rendah.

 

Selanjutnya :

Cahaya dan Kelembapan

Topik Terkait :

BERANI BERUBAH: Reinkarnasi ala Event Organizer

Jangan Lewatkan