Pilihan Warna Interior yang Paling Bisa Bikin Rileks

Bisa diaplikasikan saat endekorasi interior rumah kamu.

Mutia Nugraheni
| 15 April 2019 08:11

Dream - Ada banyak warna yang bisa dipilih untuk mendekorasi rumah. Lalu warna apa yang sebaiknya dipilih untuk memaksimalkan suasana relaksasi dan membuat istirahat jadi lebih optimal?

Jika Sahabat Dream ingin lebih rileks, cobalah warna yang menurut survei global dari perusahaan kertas GF Smith dan psikolog di University of Sussex, Inggris, warna paling menenangkan. Warna tersebut antara lain biru tua, lalu kuning lembut dan pink pastel.

Survei World's Favourite Colour Project ini melibatkan 26.596 peserta dari lebih 100 negara. Survei dilakukan untuk mendapatkan wawasan tentang warna yang paling dicintai di dunia.

“ Banyak penelitian telah menyelidiki hubungan antara warna dan emosi. Meskipun tidak semua studi ini setuju, beberapa hasil yang konsisten dapat diekstraksi dari literatur," kata profesor Anna Franklin, seorang ahli terkemuka dalam psikologi warna di University of Sussex, seperti dikutip dari Iflscience

Diketahui, semakin jenuh warnanya, semakin banyak dikaitkan dengan kegembiraan dan stimulasi. Lalu semakin terang warnanya, semakin dikaitkan dengan ketenangan dan relaksasi. Banyak penelitian telah menemukan bahwa biru dan hijau juga dikaitkan dengan ketenangan dan relaksasi (lebih sedikit studi yang tidak menemukan hubungan).

Temuan itu juga menunjukkan bahwa warna oranye paling sering dikaitkan dengan kebahagiaan, sedangkan merah muda dipandang sebagai yang paling seksi, dan warna orang di seluruh dunia yang paling terkait dengan kemewahan adalah putih, ungu, dan oranye.

Menurut teori valensi ekologis (hanya satu dari segelintir teori preferensi warna), manusia tampaknya menyukai warna-warna hijau dan kebiruan karena terkait dengan fitur lingkungan yang dapat kita manfaatkan dan nikmati, seperti langit yang jernih, air bersih, dan tumbuh-tumbuhan.

Itu juga menjelaskan mengapa kita cenderung tidak menyukai warna cokelat keruh, karena kita menghubungkannya dengan air kotor, kotoran, dan penyakit.

Baru Muncul, Fakta Foto Putra Bungsu Pangeran William

Jangan Lewatkan