Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Terapkan Dinding Bata Ekspos

Terlihat apik saat dipadukan dengan furnitur bernuansa industrial, sayangnya dinding ini memiliki kelemahan.

Mutia Nugraheni
| 23 Mei 2019 08:06

Dream - Gaya rumah industrial atau natural kini sedang jadi tren. Salah satu elemen yang kental dengan dua tema tersebut adalah dinding bata ekspos. Dinding bata yang diisis semen dibuat rapi lalu dibiarkan terbuka dan tak dilapisi lagi.

Nuansa raw dan unik memang sangat terasa. Terlihat apik saat dipadukan dengan furnitur bernuansa industrial atau interior kayu etnik. Sayangnya dinding ini memiliki kelemahan.

Jika Sahabat Dream tertarik untuk membuat dinding ini di rumah, ketahui kekurangannya. Pertama, setelah beberapa tahun semen dan batu lama kelamaan akan hancur. Perubahan cuaca membuatnya menjadi kotoran halus yang bakal mengotori lantai dan area di sekitarnya.

Kedua, semen yang telah hancur dan rusak akan membuat area kosong di antara batu bata. Tentu hal ini sangat berbahaya jika didiamkan. Bata bisa dengan mudah rusak dan hancur. Dibutuhkan plester secara rutin untuk mengisi area yang kosong di antara batu tersebut.

Ketiga, sulit untuk memasang sesuatu di dinding. Untuk menghemat tempat, banyak benda yang bakal digantung di dinding. Jika menggunakan dinding bata ekspos pasti akan leih rapuh dibanding tembok. Memaku atau mengebornya akan membuatnya jadi lebih mudah rusak.

Jika memang ingin menggunakan dinding bata eskpos, lebih pilih satu area saja di rumah. Pastikan saja area tersebut tak banyak diakses anak dan tak bakal banyak ditempelkan hiasan atau barang di dinding.

Sumber: Apartment Theraphy

Topik Terkait :

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie

Jangan Lewatkan