Pertanda Perkakas Kayu di Dapur Harus Segera Diganti

Jangan sampai jadi sumber penyakit.

Mutia Nugraheni
| 31 Mei 2019 12:07

Dream - Peralatan masak dari kayu seperti sutil, centong hingga talenan jadi barang wajib yang ada di dapur. Perkakas ini selain digunakan untuk memasak, juga bisa jadi bagian dari dekorasi jika ditata apik.

Meski sangat nyaman digunakan dan harganya sangat terjangkau, perkakas kayu ini tak tahan lama. Warnanya bakal menghitam, berbau jika tak disimpan dengan benar dan mudah retak hingga pecah, terutama ketika jatuh atau terkena panas.

Penting bagi Sahabat Dream mengetahui kapan perkakas ini harus dibuang dan diganti dengan yang baru, yaitu ketika muncul retakan besar. Retakan dapat terjadi pada perkakas kayu dan talenan karena sejumlah alasan.

Seperti paparan pada suhu ekstrem atau ketika terlalu lama terkena air karena melemahkan kayu. Retakan ini jika dibiarkan, akan membuat sisa makanan yang dipotong masuk ke dalamnya dan memicu pertumbuhan bakteri, jamur dan memunculkan bau tak sedap.

Bila retakan yang timbul masih kecil, masih bisa diatasi dengan lem kayu. Tapi jika retakannya cukup lebar dan dalam segera ganti yang baru. Cari perkakas kayu, terutama talenan yang terbuat dari kayu pinus atau oak.

Karakteristik dua kayu tersebut cukup kuat dan memiliki sifat antibakteri. Sehingga, bisa meredam pertumbuhan bakteri sisa makanan mentah di permukaannya.

Sumber: Apartment Theraphy

[crosslink_1]

Topik Terkait :

Steve Emmanuel Divonis 9 Tahun Penjara

Jangan Lewatkan