Pertanda Mesin Cuci Sudah Harus Diganti

Biasanya, 'umur' mesin cuci antara 3 hingga 5 tahun, tergantung pemakaian.

Mutia
| 9 November 2018 14:10

Dream - Menggunakan mesin cuci tentu sangat membantu kegiatan mencuci pakaian. Selain menghemat waktu, kita juga tidak kelelahan dan lebih efisien. Sama dengan barang elektronik lainnya, mesin cuci juga memiliki 'umur'.

Biasanya, 'umur' mesin cuci antara 3 hingga 5 tahun, tergantung pemakaian. Jika muncul kerusakan berikut, sebaiknya segera ganti mesin cuci dengan yang baru.

1. Kebocoran
Jika mesin cuci mengalami kebocoran, itu salah satu tanda kalau mesin cuci kamu mengalami kerusakan. Jika kebocoran karena kurang kencangnya selang atau cucian yang terlalu penuh, tentu bisa diatasi sendiri.

Namun bila kamu tidak menemukan salah satu dari masalah diatas, biasanya ada lubang di selang pembuangan. Lebih baik membeli mesin cuci baru, terutama jika mesin cuci kamu sudah lama.

2. Suara kencang dari dalam
Ketika mesin cuci mengeluarkan suara yang aneh atau terlalu keras, biasanya itu pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak seimbang. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyesuaikan kembali berat beban dengan mengeluarkan pakaian di dalam mesin cuci.

Jika masih juga berbunyi, masalahnya mungkin dengan pemasangan atau motor yang longgar, atau suspensi yang usang, yang harus dikencangkan atau diganti oleh teknisi.

3. Tabung tidak terisi air dengan sesuai
Apakah tabung mesin cuci kamu hanya mengisi sebagian air, padahal sudah mengatur untuk beban besar? Periksa di waktu berikutnya saat mencuci dengan beban yang besar. Jika terjadi lagi, coba cari tahu penyebabnya.

Mungkin hanya kerutan di selang atau filter yang tersumbat, tetapi bila ada kesalahan dengan saklar ketinggian air, saklar tutup atau katup pemasukan air, Anda mungkin memerlukan bantuan seorang profesional.

Pertimbangkan biaya potongan pengganti dan biaya servis. Ingat, semakin tua alat elektronik, semakin banyak masalah yang bakal muncul kembali. Pertimbangkan untuk mengganti dengan yang baru.

4. Lebih dari delapan tahun
Mesin cuci yang sudah tua (8 -10 tahun) tidak bisa bekerja seperti model baru lagi. Dan ini bisa menjadi alasan yang bagus untuk mengganti mesin cuci dengan yang baru.

Banyak sistem mesin cuci modern menggunakan teknologi inovatif, yang menurunkan penggunaan energi dan meningkatkan kinerja. Misalnya, ring yang mengatur ketinggian air sesuai dengan ukuran beban dan jenis kain.

Selain itu, ada juga mesin cuci yang menawarkan berbagai pilihan tabung pencucian yang lebih luas, termasuk program yang sesuai untuk mencuci pakaian yang lebih halus, bekerja lebih cepat, tidak berisik, dan lebih mudah digunakan.

Laporan Mega Rasmiyati

Sumber: Homes Nine

Topik Terkait :

#AccousticInterview Ghea Indrawari - Rinduku (Part 1)

Jangan Lewatkan