Perhatikan Kebersihan Dinding Demi Rumah Lebih Sehat

Bahan cat bisa jadi pemicu gangguan kesehatan dan alergi.

Mutia Nugraheni
| 3 Oktober 2018 16:12

Dream - Kondisi rumah sangat berpengaruh pada kesehatan seluruh anggota keluarga. Terlebih lagi anak-anak menghabiskan 8 hingga 20 jam setiap hari di dalam rumah, Untuk itu pastikan kebersihannya selalu terjaga terutama area dinding.

Pemilihan cat tembok sangat mempengaruhi kebersihan dan kesehatan rumah. Hal yang sering kita tak perhatikan saat memilih cat tembok rumah adalah komposisi dan aromanya. Bahan cat bisa jadi pemicu gangguan kesehatan dan alergi.

" Polutan berbahaya yang biasa ditemukan di cat adalah VOC (Volatile Organie Compound) bisa jadi pencetus alergi, iritasi infeksi saluran pernafasan hingga kanker," ujar Perwakilan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr. Ulul Albab, SpOG pada acara Nippon Spotless Plus di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 2 Oktober 2018.

Apalagi dinding ini sangat jadi permukaan yang sangat sering dipegang balita. Terutama anak-anak yang belajar berjalan. Untuk itu kebersihannya harus jadi perhatian utama.

" Dari survei, sebanyak 76% orangtua setuju bila dinding rumah dijadikan tumpuan ketika anaknya belajar berdiri atau berjalan, dan 80% orangtua juga menyebutkan bahwa anak mereka kontak langsung dengan dinding ketika bermain," ujar Jon Tan Hon Yiu, CEO Decorative Paints PT Nipsea Paint and Chemicals (Nippon Paint Indonesia).

 Kampanye Rumah Sehat Nippon-IDI

Hal itu membuat Nippon Paint bekerja sama dengan IDI membuat kampanye Rumah Sehat. Diawali dengan peremajaan Gedung PB IDI Pusat dengan rangkaian cat Nippon Paint yang aman dan sehat, yaitu cat eksterior Nippon Weatherbond dan cat interior Nippon Spot-less Plus.

Selain itu, Nippon Paint juga menggandeng komunitas Indonesia Montessori.Com (IMC) untuk memberdayakan orangtua menyediakan rumah yang mendukung tumbuh kembang anak, dan membebaskan anak mengekspresikan diri melalui seni menggunakan medium dinding.

" Kami berupaya terus aktif mengadakan berbagai kegiatan Kampanye Rumah Sehat sebagai pondasi awal bagi generasi masa depan Indonesia yang lebih baik,” tutup Jon Tan.

Laporan Rahma Yultus

Topik Terkait :

Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival

Jangan Lewatkan