Perawatan yang Tak Boleh Diabaikan Pada Sofa Berbahan Velvet

Jika Anda sangat tertarik untuk membeli dan menaruhnya di ruang keluarga, perhatikan juga cara perawatannya.

Mutia Nugraheni
| 23 April 2018 10:03

Dream - Nuansa mewah ruang keluarga bisa langsung menonjol jika Sahabat Dream menaruh sofa berbahan velvet atau beludru. Kesan glamor memang sangat identik dengan bahan velvet. Tak heran bukan hanya sangat diandalkan dalam dunia fashion, tapi juga interior.

Kini banyak peritel furnitur dan barang rumah tangga yang mengeluarkan koleksi sofa velvet dengan desain yang sangat apik. Jika Anda sangat tertarik untuk membeli dan menaruhnya di ruang keluarga, perhatikan juga cara perawatannya.

Perawatan sofa berbahan velvet memang tak semudah sofa berbahan busa dan katun biasa. Penting dilakukan perawatan ekstra agar tekstur dan kehalusannya tetap terjaga.

- Sikat lembut
Untuk mempertahankan bulu-bulu beludru yang halus, sikatlah menggunakan sikat lembut setiap hari. Terutama jika kondisinya bulu terlihat berantakan atau terasa kasar. Biasanya karena bulu-bulu halusnya menumpuk satu sama lain dan kusut. Namun pastikan sikat dengan perlahan jangan sampai membuatnya rontok.

- Vacuum seminggu sekali
Lakukan pembersihan dengan menggunakan vakum satu kali seminggu. Untuk vakum ini pilih tingkatan yang paling rendah atau menengah. Jangan yang paling tinggi karena bisa merusak tekstur bulu halusnya.

- Steamed
Lakukan juga steamed untuk membersihkan debu-debu halus yang membandel. Untuk lebih praktis, lebih baik panggil jasa pembersihan sofa. Lakukan ini satu kali dalam sebulan.

- Membersihkan noda
Dry cleaning sangat direkomendasikan untuk membersihkan noda membandel. Tapi pastikan, jasa dry clean yang Anda pilih terbiasa mencuci bahan velvet, karena jika tidak malah bisa merusaaknya. Opsi untuk memasak cover pada sofa juga bisa dilakukan untuk mengurangi risiko noda.

Sumber: Pop Sugar

 

 

 

Topik Terkait :

Jokowi Resmi Lantik Pengisi Dua Kementerian Baru dan Kepala BRIN

Jangan Lewatkan