Perabot Rumah yang Ternyata Tak Perlu Dibersihkan Tiap Hari

Untuk membersihkannya hanya perlu dijadwalkan saja.

Mutia Nugraheni
| 13 September 2021 10:04

Dream - Rumah yang bersih tentunya akan lebih nyaman bagi seluruh anggota keluarga. Terutama dalam situasi pandemi seperti sekarang. Kebersihan dan kesehatan adalah hal yang selalu jadi prioritas.

Bagi Sahabat Dream yang rutin membersihkan rumah setiap hari, ternyata ada perabot yang tak membutuhkannya. Untuk membersihkannya hanya perlu dijadwalkan saja. Tak perlu setiap hari. Apa saja perabot tersebut?

1. Oven
Alat masak satu ini biasanya digunakan saat memanggang kue atau membuat hidangan lain. Setelah digunakan banyak yang langsung membersihkan. Sebenarnya hal itu tak diperlukan, kecual memang ada bahan yang tumpah dan lengket. Oven cukup dibersihkan seminggu sekali atau dua minggu sekali.

2. Tirai
Tirai yang dipasang pada jendela rumah biasanya berfungsi untuk menghalangi silau akibat pantulan cahaya matahari. Lantas, mengapa gorden termasuk ke dalam benda yang tidak perlu sering dibersihkan atau dicuci setiap hari? Cahaya matahari yang mengenai gorden ternyata secara langsung bisa mematikan beberapa kuman atau bakteri yang menempel di gorden.

3. Perabot kayu
Selain kayu jati, jenis kayu yang biasa dipakai adalah kayu mahoni, sonokeling, akasia, trembesi, kamper, cedar merah, dan keruing. Perabotan kayu memang perlu dirawat semaksimal mungkin agar tidak memunculkan rayap atau kotoran-kotoran lainnya. Namun, perabotan kayu ternyata juga dapat menjadi salah satu perabotan yang tidak perlu dibersihkan terlalu sering.

Seperti dilansir dari Family Handyman, menyemprotkan perabotan kayu dengan semprotan pembersih dapat menyebabkan penumpukan kotoran yang justru akan menyebabkan lebih banyak lagi debu. Untuk mengatasinya, cukup gunakan semir setiap sebulan sekali.

Sumber: Liputan6.com

Selanjutnya :

Cara Mudah Hilangkan Noda Gores di Perabot Kaca

Topik Terkait :

Tukul Arwana Sempat Menggunakan Alat Bantu Nafas

Jangan Lewatkan