Perabot Retak Jadi Tampil Cantik Berkat Seni Kintsugi

Jangan dulu buang perabot yang pecah, mungkin bisa diperbaiki dan makin indah dengan cara ini.

Mutia Nugraheni
| 26 Januari 2018 19:32

Dream - Mangkuk-mangkuk cantik atau gelas berdesain menawan kesayangan tanpa sengaja terjatuh. Efeknya, tentu bisa retak atau bahkan pecah. Ada yang langsung membuang tapi juga ada yang menyimpannya.

Jika Sahabat Dream, termasuk orang yang suka memperbaiki perabot yang rusak daripada membuangnya, wajib tahu seni Kintsugi khas Jepang. Kintsugi merupakan seni dan teknik menyatukan keramik yang pecah, tanpa perlu menutupi tapi justru memperlihatkannya dengan warna emas.

 kintsugi

Teknik ini berasal dari abad ke-15 ketika seorang shogun Jepang Ashikaga Yoshimitsu secara tidak sengaja memecahkan mangkuk teh favoritnya dan mengirimkannya ke China untuk perbaikan. Ketika dikembalikan kepadanya, mangkuk disatukan dengan bahan pokok logam dan menugaskan pengrajin Jepang dengan menemukan metode perbaikan yang lebih estetis.

 kintsugi

Sambungan dari retakan barang pecah belah yang telah diperbaiki melalui teknik Kintsugi juga tak ditutupi. Justru malah menonjolkannya. Caranya adalah dengan menggunakan lem atau epoxy, serta campuran mica powder.

Mica powder merupakan bubuk logam berwarna emas yang akan jadi penghias dan membuat pola yang khas karena menutupi pecahan. Pola inilah yang dicari dari Kintsugi. Selengkapnya tentang Kintsugi bisa melihat video ini.

 

Topik Terkait :

Dreamitie Online Meet Up

Jangan Lewatkan