Penyimpanan Mainan Si Kecil Efisien, Coba Cara Ini

Kotak-kotak penyimpanan mainan terus bertambah, sementara area rumah seadanya.

Mutia Nugraheni
| 3 Januari 2019 14:06

Dream - Mainan anak-anak seakan 'menjajah' rumah? Saatnya untuk menyediakan waktu dan fokus untuk menatanya. Jangan sampai setiap sudut rumah dipenuhi dengan mainan anak.

Kotak-kotak penyimpanan mainan terus bertambah, sementara area rumah seadanya. Suasana sempit, berantakan dan sumpek malah akan membuat suasana rumah jadi tidak nyaman. Langkah pertama, coba sortir mainan si kecil.

Buang mainan yang sudah tak lagi dimainkannya selama 1 tahun terakhir. Terutama mainan elektronik yang sudah rusak, patah, retak dan bisa mengundang bahaya. Ajak si kecil untuk menyortir mainannya.

Kedua, sediakan tempat penyimpanan berukuran sedang. Hindari ukuran besar karena malah akan menimbun banyak mainan. Beritahu anak, jika tempat penyimpanan mainan sudah penuh berarti harus ada mainan yang ia berikan atau donasikan pada teman-temannya yang kurang beruntung.

Ketiga, buat area penyimpanan yang mudah dijangkau anak. Misalnya lemari atau boks yang tak terlalu tinggi. Taruh kotak-kotak di dalamnya dengan tulisan dan gambar agar anak mudah membereskannya.

Ingat, anak usia balita yang belum bisa membaca sudah bisa diajarkan membereskan mainan. Mereka hanya membutuhkan instruksi yang jelas dan mudah dipahami. Salah satunya menempelkan gambar di penyimpanan agar mereka mengerti untuk menaruhnya kembali di tempat semula.

Topik Terkait :

Terima Kritik Pedas, Nada Zaqiyyah: Ternyata Adik Kelas Aku Sendiri

Jangan Lewatkan