Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Penting! Rutin Bersihkan Kacamata Demi Cegah Penularan Covid-19

Penting! Rutin Bersihkan Kacamata Demi Cegah Penularan Covid-19 Membersihkan Kacamata (Foto: Shutterstock)

Dream - Bagi Sahabat Dream pemakai kacamata, jangan malas untuk rutin membersihkannya berkali-kali. Terutama jika setelah dari luar rumah. Media penularan virus corona (Covid-19) adalah percikan air liur (droplet) yang bisa menyembur lewat bersin atau batuk penderita Covid-19.

Droplet tersebut bisa menempel di kacamata dan masuk ke cairan mata, yang sangat mungkin membuat penularan terjadi. Untuk itu selalu bersihkan kacamata secara rutin.

Bukan dengan ujung pakaian atau tisur, tapi membersihkannya dengan tahapan yang benar. Tentunya agar kotoran dan virus yang berbahaya bisa hilang dan kacamata tetap dalam kondisi baik. Simak tahapan penting membersihkan kacamata, termasuk kacamata hitam.

- Cuci dan keringkan tangan sebelum memegang kacamata. Pastikan kacamata bebas dari lotion atau minyak.
- Bilas kacamata Anda di bawah air hangat yang mengalir. Ini akan menghilangkan kotoran, debu, pasir, atau garam yang dapat menggores lensa
- Beri sedikit sabun bayi ada setiap lensa. Pastikan sabunnya bebas lotion karena lotion akan mengotori lensa
- Gosok lensa dengan lembut dan semua bagian kacamata dengan lap microfiber
- Bilas kacamata Anda dengan seksama, pastikan untuk menghapus setiap bekas sabun
- Gerakkan kacamata agar air sisa di dalam hilang
- Keringkan kacamata dengan lap yang tidak berbulu

 

Disinfektan Kacamata

Pencucian yang menyeluruh akan membantu menghilangkan kuman dari kacamata. Jika ingin mendisinfeksi kacamata setelah dibersihkan, semprotkan disinfektan ke kain lembut yang bebas serabut hingga lembap. Setelah itu gunakan kain tersebut untuk menyeka kacamata.

Diamkan sejenak selama 3 hingga 5 menit. Setelah itu kacamata baru bisa digunakan kembali. Semoga selalu sehat, Sahabat Dream.

Sumber: Apartment Theraphy

Kebersihan yang Utama, Selalu Disinfektan Perlengkapan Bekerja

Dream - Sejumlah perusahaan menerapkan kebijakan bekerja dari rumah (work from home/ WFH) demi mengurangi penyebaran virus corona (Covid-19). Bagi Sahabat Dream yang juga bekerja dari rumah, tentunya membawa sejumlah perlengkapan dari kantor.

Mulai dari laptop, mouse, mouse pad, kabel, printer atau barang-baramg lain yang tentunya sangat penting untuk kerja. Sebelum menggunakannya, pastikan dulu barang-barang tersebut dalam keadaan bersih.

Berikut cara membersihkan dan disinfektan barang perlengkapan untuk bekerja.

Laptop
Balik laptop untuk menyingkirkan kotoran yang berukuran besar dan menyangkut di sela-sela keyboar. Gunakan lap microfiber untuk membersihkan tiap tuts. Kamu juga bisa menggunakan kapas yang sudah ditetesi sanitizer atau alkohol 70% untuk membersihkan tiap keyboard.

Untuk bagian layar cukup bersihkan dengan lap microfiber. Jangan lupa untuk membersihkan bagian mouse dan mouse pad, karena dua benda ini selalu kita sentuh setiap saat.

Bersihkan Juga Dua Barang Ini

Ponsel
Bekerja dari rumah, pastinya kita harus siap dihubungi oleh rekan kerja untuk urusan pekerjaan. Ponsel harus menyala dan selalu dalam genggaman. Untuk itu jangan abaikan kebersihannya.

Lap ponsel setiap hari. Bisa menggunakan lap microfiber dan kapas yang telah ditetesi alkohol 70%. Bersihkan bagian yang dirasa aman dan tidak bakal rusak karena alkohol.

Headphone/ ear phone
Bagi mereka yang kerap melakukan confrence meeting atau video call untuk berkoordinasi, headphone dan earphone kerap digunakan. Jangan lupa juga untuk membersihkannya dengan lap yang bersih atau tisu alkohol setiap hari setelah selesai digunakan. Ingat, menjaga kebersihan adalah salah satu ikhtiar menjaga kekebalan tubuh yang sangat penting menangkal virus corona (Covid-19)

Sumber: Martha Stewart

Garam Dapur Bisa Jadi Formula Pembersih, Manfaatkan untuk 3 Hal ini

Dream - Seringkali kita kebingungan saat stok sabun cuci atau formula pembersih lainnya habis di rumah. Ingin berbelanja, agak takut dan malas, dengan kondisi seperti sekarang di mana antrean mengular karena imbas pandemi corona virus (Covid-19).

Ada satu bumbu dapur yang bisa Sahabat Dream manfaatkan untuk bersih-bersih, yiatu garam. Bila punya garam yang cukup banyak, tak ada salahnya untuk menggunakannya sebagian sebagai formula pembersih.

Garam memiliki tekstur yang kasar dan abrasif. Bisa membersihkan beberapa noda dan barang yang tak kita kira sebelumnya. Apa saja?

Bersihkan gelas kusam
Noda teh atau kopi pada gelas kerap kali membuat noda kusam di gelas. Untuk membuat gelas kaca kinclong kembali, gunakan saja campuran 2 sendok garam dan cuka. Diamkan dalam gelas selama sekitar 20 menit, gosok dan bilas. Gelas pun berkilau kembali.

Bersihkan saluran bak cuci piring
Pembuangan air di bak cuci piring biasanya dipenuhi dengan lemak sisa makanan. Untuk itu, sangat dianjurkan membilasnya dengan rutin. Ada ramuan andalan untuk membersihkannya, yaitu satu gelas garam dan air panas. Lakukan pembilasan dengan air garam satu kali seminggu.

Membersihkan talenan
Talenan yang digunakan sehari-hari, sangat penting untuk dibersihkan secara rutin. Sahabat Dream bisa membersihkannya dengan garam untuk menghilangkan aroma tak sedap. Cukup gosok talenan dengan garam, kemudian keringkan. Talenan pun siap digunakan kembali.

 

3 Produk Pembersih Kuman yang Wajib Ada di Rumah

Dream - Kondisi seperti sekarang, dengan meningkatnya kasus virus corona di Indonesia, mau tak mau membuat kita harus lebih ekstra dalam menjaga kebersihan. Terutama kebersihan rumah, tempat berlindung utama.

Sally Bloomfield, profesor London School of Hygiene and Tropical Medicine mengungkap beberapa produk pembersih penting yang harus ada di rumah. Hal ini agar penyebaran kuman bisa diredam dan seluruh anggota keluarga lebih terjaga kesehatannya.

Segera sediakan produk-produk ini di rumah, demi kebersihan hunian dan kesehatan seluruh keluarga. Apa saja produknya?

Sabun cair

Untuk sementara, kurangi atau hindari menggunakan sabun batang. Hal ini karena penggunaan sabun batang dapat dengan mudah membuat kuman berpinah. Lebih baik gunakan sabun cair. Baik untuk mandi maupun cuci tangan.

"Selalu sediakan sabun cuci tangan, di tempat yang mudah diakses. Terutama di dekat kran. Biasakan untuk selalu cuci tangan setelah sampai di rumah dengan air mengalir," ungkap Bloomfield.

 

Semprotan atau tisu antibakteri

Untuk permukaan yang kontak langsung dengan makanan seperti meja makan, piring, dan sendok garpu, Bloomfield merekomendasikan untuk menggunakan sabun yang mengandung antimikroba dan kemudian membilasnya dengan air bersih.

"Bisa juga gunakan semprotan disinfektan yang bisa membunuh kuman. Setelah itu bilas lagi permukaan dengan tisu yang telah dibasahi. Biarkan kering, baru kemudian bisa digunakan," ujar Bloomfield.

Lap tisu sekali pakai

Lap microfiber memang sangat baik untuk membersihkan permukaan berdebu. Jika tujuan utama adalah untuk mencegah penyebaran kuman maka pembersih yang direkomendasikan adalah tisu pembersih sekali pakai.

Biasanya berbentuk rol dengan tekstur lebih tebal. Lebih baik gunakan lap tisu ini ini karena lebih steril. Menggunakan lap yangberkali-kali, terutama jika kondisinya lembap malah akan jadi sarang kuman untuk berkembang biang.

"Ketika membersihkan permukaan dengan lap kain, mikroba pergi ke lap tersebut dan kemudian menyebar ke permukaan berikutnya dibersihkan," kata Bloomfield.

Sumber: Apartment Theraphy

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kabar Terkini Ningsih Tinampi yang Pernah Terkenal karena Bisa Obati Pasien Covid-19

Kabar Terkini Ningsih Tinampi yang Pernah Terkenal karena Bisa Obati Pasien Covid-19

Yuk Intip kabar Terbaru Ningsih Tinampi yang dulu viral bisa obati pasien covid-19.

Baca Selengkapnya
Kasus Covid-19 Meningkat, Naik Kereta Api Wajib Pakai Masker

Kasus Covid-19 Meningkat, Naik Kereta Api Wajib Pakai Masker

PT KAI juga mengingatkan penumpang untuk menjaga kebersihan

Baca Selengkapnya
5 Masalah Kulit dan Rambut yang Bisa Terjadi Saat Berpuasa

5 Masalah Kulit dan Rambut yang Bisa Terjadi Saat Berpuasa

Berpuasa tidak hanya bermanfaat bagi kulit, tapi juga menyebabkan beberapa masalah seperti jerawat. Cari tahu masalah kulit lain dan cara mengatasinya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
7 Cara Ampuh Atasi Bau Mulut Saat Bulan Ramadhan, Hindari Makanan Berbau Tajam saat Sahur dan Berbuka

7 Cara Ampuh Atasi Bau Mulut Saat Bulan Ramadhan, Hindari Makanan Berbau Tajam saat Sahur dan Berbuka

Bau mulut bisa timbul akibat kurangnya asupan air, pola makan yang berubah, dan ketidakseimbangan bakteri dalam mulut.

Baca Selengkapnya
Viral Rekaman Percakapan Diduga Pejabat di Batu Bara Dukung Prabowo-Gibran

Viral Rekaman Percakapan Diduga Pejabat di Batu Bara Dukung Prabowo-Gibran

Pria tersebut menegaskan nantinya tidak akan ada pemeriksaan bagi pejabat-pejabat yang mendukung paslon 2, dengan catatan telah berkomitmen.

Baca Selengkapnya
Rutin Jalan Kaki Setelah Makan, Bantu Pencernaan Hingga Kesehatan Jantung

Rutin Jalan Kaki Setelah Makan, Bantu Pencernaan Hingga Kesehatan Jantung

Berjalan kaki setelah makan terbukti dapat meningkatkan kesehatan

Baca Selengkapnya
5 Penyakit Ini Bisa Mengancam Pekerja Kantoran, Apa Saja?

5 Penyakit Ini Bisa Mengancam Pekerja Kantoran, Apa Saja?

Olahraga rutin dan makan sehat, agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan.

Baca Selengkapnya
40 Kata-Kata Rindu Bulan Ramadhan yang Menyentuh Perasaan

40 Kata-Kata Rindu Bulan Ramadhan yang Menyentuh Perasaan

Kata-kata yang mengungkapkan rindu akan bulan Ramadhan seringkali mengalir dari hati, membawa aroma nostalgia dan kenangan manis.

Baca Selengkapnya
5 Penyebab Keringat Dingin yang Kerap Dianggap Sepele

5 Penyebab Keringat Dingin yang Kerap Dianggap Sepele

Gejala umum yang menyertai keringat dingin meliputi pusing, mual, dan detak jantung yang terasa cepat.

Baca Selengkapnya