Penting Diperhatikan Saat Pilih Matras Boks untuk Si Kecil

Matras yang terlalu empuk bisa berbahaya bagi bayi, begitu juga yang terlalu keras.

Mutia Nugraheni
| 9 April 2018 14:03

Dream - Salah satu perlengkapan penting untuk menyambut kelahiran buah hati adalah matras. Alas tidur ini jadi barang yang wajib ada dalam boks. Dalam memilih matras untuk bayi mungil tentunya tak boleh sembarangan.

Risiko Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) di depan mata. Matras yang terlalu empuk bisa berbahaya bagi bayi, begitu juga yang terlalu keras. Untuk itu perhatikan hal-hal berikut saat memilih matras untuk boks bayi.

- Ukuran tepat
Ukuran matras sangat penting. Untuk pemilihan ukuran ini sangat tergantung pada ukuran dan model boks. Dalam melihat apakah ukuran matras cocok atau tidak, cobalah tes " dua jari" . Idealnya, jarak tidak ada lebih dari lebar dua jari, yaitu ruang antara sisi terluar matras dan bingkai boks. Pasalnya jika jari-jari bayi menyangkut di sela-sela tersebut bisa cedera.

- Matras bekas
Beberapa barang bayi biasanya diturunkan kakak pada adiknya. Jika memang masih ada matras bekas kakak mungkin bisa digunakan. Namun pastikan kemampuan menyangganya masih baik. Sudah bersihkan dengan antiseptik karena pasti disimpan dalam waktu lama.

- Level penyangga
Permukaan matras harus tampak kuat dan rata. Jika Anda melihat ada tanda-tanda kontur tubuh, matras terlalu empuk dan kurang pas untuk bayi. Coba tekan tangan ke tengah dan di sekitar tepi matras. Perhatikan seberapa cepat matras mendapatkan kembali bentuknya. Matras yang kokoh dan kuat akan kembali ke bentuk semula tanpa menyesuaikan dengan jejak tangan.

- Antiseptik
Sebaru apapu matras yang digunakan atau baru dibeli, pastikan semprot atau bersihkan dengan cairan antiseptik. Bayi mungil yang baru lahir dan sangat sensitif bakal tidur di atasnya dalam waktu yang. Anda tentu tak mau si kecil mengalami iritasi atau mengalami masalah kesehatan lain karena matrasnya kurang bersih.

Sumber: The Spruce

Topik Terkait :

4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian

Jangan Lewatkan