Penting! Cara Mudah Membuat Kulkas 'Panjang Umur'

Suhu yang stabil merupakan kunci membuat bahan makanan dalam kulkas tahan lama

Mutia Nugraheni
| 3 Januari 2019 08:10

Dream - Kulkas jadi tempat penyimpanan bahan makanan andalan, terutama jika memiliki dua pintu. Area freezer bisa menyimpan bahan makanan mentah, sementara bagian bawah bisa menaruh sayuran serta makanan dan minuman.

Suhu yang stabil merupakan kunci membuat bahan makanan dalam kulkas tahan lama. Untuk itu menjaga mesin kulkas bekerja optimal sangat penting agar suhu tetap stabil? Bagaimana caranya?

Rawat dan bersihkanlah kulkas secara teratur. Kulkas sebenarnya tak membutuhkan perawatan khusus. Hanya saja, demi menjaganya lebih awet, ada satu tips yang harus dilakukan.

" Harus dibersihkan secara rutin. Karena kalau dibiarkan terlalu lama, banyak kotoran yang tidak bisa dibersihkan sampai benar-benar bersih. Itulah yang akan mengganggu kerja mesin," kata Stephen Dave, Product Manager PT Hitachi Modern Sales Indonesia beberapa waktu lalu.

Ia mengungkap, membersihkan kulkas seringkali diabaikan. Padahal kulkas yang bersih akan membuat suhu stabil dan mesin bekerja optimal. Singkirkan secara rutin bahan makanan dan minuman yang sudah tak lagi dikonsumsi.

Sesuaikan kapasitas kulkas dan bahan makanan dan minuman yang disimpan. Untuk periode membersihkan, bila sering menaruh banyak bahan makanan, terutama daging, dan minuman setidaknya kulkas harus dibersihkan dua minggu sekali.

Jika penggunaannya terbilang tak sebegitu berat, membersihkan kulkas satu atau dua bulan sekali masih aman dilakukan. Kebersihan kulkas nyatanya juga memengaruhi performa kulkas dalam menjaga ketahanan makanan. Jadi, jangan sampai melewatkannya.

Laporan Asnida Riani/ Liputan6.com

Terima Kritik Pedas, Nada Zaqiyyah: Ternyata Adik Kelas Aku Sendiri

Jangan Lewatkan