Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Musim Hujan, Pastikan Aliran Listrik Tak Sebabkan Korslet

Musim Hujan, Pastikan Aliran Listrik Tak Sebabkan Korslet Aliran Listrik/ Foto: Shutterstock

Dream - Akhir tahun di Desember, hujan memang turun lebih sering. Biasanya saat musim hujan, kita akan memeriksa kondisi langit-langit, genteng dan sudut rumah yang kerap terjadi kebocoran.

Hal yang juga harus diperiksa adalah keamanan aliran listrik. Seperti kita tahu air yang sifatnya konduktor dan mampu menghantarkan listrik. Bila ada kebocoran/ banjir di rumah dan terkena kabel atau aliran listrik akan sangat berbahaya.

1. Cek posisi stop kontak atau kabel rol
Kebutuhan listrik yang sangat krusial membuat kita terbantu dalam melakukan aktivitas. Seperti menonton TV, bekerja dengan komputer, memasak, mencuci, dan masih banyak lagi lainnya. Alhasil akan selalu ada kabel dari stop kontak bukan? Nah, baiknya cek dulu semua kabel yang berada di bawah atau dekat lantai. Bila ada, segera amankan kabel yang berpotensi terkena cipratan hingga kemungkinan terendam air.

2. Matikan peralatan listrik dan elektronik
Waspada bahaya listrik di musim hujan selanjutnya bisa dilakukan dengan memerhatikan segala macam peralatan listrik dan barang elektronik yang ada di dekat atau lantai (terkhusus pada mesin air/jet pump). Segera cabut kabel listrik dari stop kontak kemudian pindahkan ke posisi yang lebih aman.

3. Jangan memegang kabel yang terbuka atau terkelupas
Tanpa disadari, terkadang kita tak sengaja menyentuh atau memegang kabel. Padahal bisa jadi kabel yang kita pegang tersebut telah terkelupas dan masih mengalirkan arus listrik. Sebelum memegang kabel yang kita belum tahu pasti keadannya, lihat dulu apakah berpotensi ada aliran listrik atau tidak dengan mengecek dulu penghubung dengan stop kontak.

Penjelasan selengkapnya baca di Diadona.id

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Mengapa Burung Tak Kesetrum saat Nangkring di Kabel Listrik?

Mengapa Burung Tak Kesetrum saat Nangkring di Kabel Listrik?

Inilah penjelasan ilmiah mengapa burung tidak mengalami kejutan listrik saat berada di sekitar kabel listrik.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.