Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Muncul Jamur di Tumbuhan dalam Rumah? Ini Cara Mengatasinya

Muncul Jamur di Tumbuhan dalam Rumah? Ini Cara Mengatasinya Jamur Pada Tumbuhan/ Shutterstock

Dream - Daun kuning atau layu jadi masalah yang sering terjadi tumbuhan rumah. Bagi Sahabat Dream yang suka merawat tanaman, mungkin sudah tahu menyiasatinya. Nah, ada satu lagi masalah pada tanaman yang kerap membuat bingung, yaitu jamur.

Tumbuh bercak putih di daun atau muncul jamur di tanah. Hal ini jika dibiarkan pasti akan menghambat pertumbuhan tanaman. Jika muncul jamur di tanaman kesayangan, tak perlu langsung panik.

Tanaman yang ditumbuhi jamur di daun atau tanahnya kemungkinan besar mengirimkan sinyal bahwa mendapatkan terlalu banyak air atau tidak cukup sinar matahari. Katie Dubow, seorang ahli tanaman memberikan tips untuk meredakan tanaman berjamur.

"Pertama, singkirkan jamur yang ada. Mulailah dengan mengisolasi tanaman karena jamur dapat dengan cepat menyebar dari satu pot ke pot lainnya. Taruh, di area yang berventilasi baik, kikis beberapa inci bagian atas tanah," kata Katie.

 

Ganti Tanah

Jika jamur lebih dalam dari satu inci atau kembali setelah beberapa minggu, segera pindahkan ke pot lain dan ganti tanahnya. Gunakan tanah organik yang dibuat untuk tanaman dalam pot.

Sebelum mengganti pot tanaman, bersihkan bagian dalam wadah dengan perasan deterjen, taburan soda kue, dan air. Soda kue bertindak sebagai pengikis ringan untuk mematikan jamur di dalam pot.

 

Gunakan Kayumanis

"Untuk mencegah kembali tumbuhnya jamur mulailah dengan menggunakan pot tanah berkualitas tinggi. Terkadang tanah tempat tanaman tumbuh saat dibeli bukanlah yang terbaik," kata Katie.

Segera ganti pot dan tanah sesampainya tanaman di rumah. Perhatikan juga karakteristik tanaman, seperti air dan sinar yang dibutuhkan untuk menjaganya selalu sehat. Bisa juga mencampurkan sedikit kayu manis ke bagian atas tanah, karena ini adalah fungisida alami.

Kunci Merawat Tanaman dalam Pot Selalu Sehat dan Subur

Dream - Tak memiliki lahan untuk menanam atau tinggal di apartemen, membuat kita harus penuh trik jika ingin memelihara tanaman. Pot tentunya jadi andalan untuk menghadirkan tanaman segar dalam ruangan.

Bisa berupa pot kecil yang ditempatkan jendela, pot besar dengan penyangga besi atau mungkin taman vertikal di tembok yang terdiri dari banyak pot-pot kecil yang disusun. Memelihara tanaman dalam pot ini agak sedikit berbeda dengan menanam di lahan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tanaman tumbuh sehat dan subur. Bagi Sahabat Dream yang memiliki banyak tanaman dalam pot di rumah, pastikan melakukan hal-hal berikut.

Lokasi sesuai dengan kebutuhan tanaman
Tanaman tumbuh sehat dan subur jika ditempatkan sesuai dengan kebutuhannya. Misalnya, tanaman yang membutuhkan banyak sinar matahari tidak akan tumbuh subur di dalam ruangan, apa pun jenis tanah yang dipilih.

Jadi pastikan tanaman di dalam ruangan yang ada di rumah memang cocok untuk area indoor. Jika pun membutuhkan sinar matahari, tidak terlalu sering. Bisa menjemurnya sesekali dan menyiramnya secara rutin.

 

Faktor air

Sesuaikan juga kebutuhan air tiap tanaman karena berbeda-beda. Ini juga tergantung dari jenis tanah yang digunakan. Pada tanaman yang lebih suka kondisi kering misalnya, pastikan tidak menyiramnya terlalu sering.

Pastikan juga pot memiliki lubang drainase di alasnya dan agak ditinggikan sehingga alasnya tidak bertumpu pada tanah. Gunakan kaki pot atau hanya beberapa batu bata atau gumpalan untuk mengangkat pot.

 

 

 

Repotting

Tanaman juga perlu ditanam kembali atau repotting secara teratur. Penanaman kembali dapat dilakukan dengan memindahkan tanaman ke dalam pot yang sedikit lebih besar, atau mengambilnya dari pot yang sudah ada, memotong akarnya, memperbarui campuran pot dan menanamnya kembali di dalam pot yang sama.

Bisa juga mengganti tanah dengan yang baru. Pilih tanah yang lebih bernutrisi dan sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Sumber: Homes to Love

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Tips Menjaga Keharuman Setiap Ruangan di Rumah, Bebas Bau Tak Sedap yang Mengganggu

Tips Menjaga Keharuman Setiap Ruangan di Rumah, Bebas Bau Tak Sedap yang Mengganggu

Kenyamanan rumah juga ditentukan dari aroma yang ada di setiap ruangan.

Baca Selengkapnya
Rambut Mudah Berminyak? Tenang, Ada 5 Cara Mengatasinya

Rambut Mudah Berminyak? Tenang, Ada 5 Cara Mengatasinya

Rambut berminyak bisa mengganggu penampilan dan membuatmu merasa tidak nyaman. Atasi dengan menerapkan 5 kebiasaan sederhana.

Baca Selengkapnya
7 Trik Mematangkan Mangga dengan Cepat, Cuma Pakai Alat Rumahan

7 Trik Mematangkan Mangga dengan Cepat, Cuma Pakai Alat Rumahan

Tidak sengaja membeli buah mangga yang belum matang sepenuhnya seringkali menjadi tantangan, terutama ketika kita ingin segera menikmatinya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

Jangan sia-siakan malam tahun baru yang seru hanya karena perut tak nyaman akibat kembung, ikuti tips-tips ini.

Baca Selengkapnya
Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Malas olahraga bisa bikin kamu mengalami berbagai masalah kesehatan yang berbahaya, lho. Apa aja sih masalah yang bisa timbul?

Baca Selengkapnya
Cara Cepat Menghilangkan Kutu Rambut dengan Efektif Menggunakan Satu Bahan Alami

Cara Cepat Menghilangkan Kutu Rambut dengan Efektif Menggunakan Satu Bahan Alami

Terdapat solusi yang simpel untuk menghilangkan kutu rambut tanpa perlu bahan kimia keras atau produk dengan harga tinggi.

Baca Selengkapnya