Menguak Efek Wewangian Pada Emosi Manusia

Wangi yang paling disukai masyarakat Indonesia ternyata bunga-bungaan yang menggambarkan kebahagiaan.

Mutia Nugraheni
| 16 Februari 2018 12:33

Dream - Wewangian baik parfum, cologne, atau pengharum ruangan sudah jadi bagian dari kehidupan sehari-hari yang sulit dipisahkan. Efek wewangian ini bukan hanya membuat ruangan, pakaian serta tubuh menjadi beraroma segar, tapi juga berdampak langsung pada emosi manusia.

Hasil studi Firmenich Fragrance House mengungkap kalau wewangian tertentu mampu memicu timbulnya emosi yang berbeda-beda. Demi membuktikan hal itu, Firmenich bekerja sama dengan beberapa universitas dan institusi ilmiah di Geneva, Swiss dengan menggunakan 3 metode: fisiologi, observasi perilaku dan verbalisasi.

Salah satu negara yang diteliti adalah Indonesia. Dengan koresponden lebih dari 500 orang sebagai sampel, penelitian yang dilakukan selama 5 tahun itu menghasilkan bukti yang
mencengangkan.

Mencium wewangian terbukti dapat mengaktifkan indera dan membuat otak terasosiasi terhadap suatu obyek, tempat, memori, atau orang tertentu.

" Indera penciuman adalah indera terkuat yang berhubungan dengan emosi, jadi dengan menggunakan stimuli aroma melalui 3 metode penelitian, ditemukan ada 36 emosi yang terkait dengan aroma atau wewangian tertentu,” ungkap Marina Pryana, Parfum Expert dari Firmenich Fragrance House, di Senayan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu

Marina mengungkapkan, di Indonesia emosi yang paling disukai adalah happiness. Dari penelitian tersebut, orang Indonesia gemar mencari wangi yang menimbulkan kebahagiaan.

" Wanginya itu kebanyakan berasal dari bunga. Orang Indonesia suka banget wangi mawar karena menganggap mawar itu romantis dan familiar dengan bunga itu karena ada kebun
orangtuanya," jelas Marina.

Selain wangi yang memunculkan efek bahagia, orang Indonesia juga menyukai wangi yang bertujuan untuk membawa kita bernostalgia.

" Ada wangi es krim yang mengingatkan memori pas kecil, ternyata membuat bahagia. Jadi ada 36 emosi, yang kita temui dan relate ke wangi tertentu," tegas Marina.

Untuk itu Sahabat Dream, pastikan aroma di dalam rumah selalu wangi. Bisa dengan menaruh pengharum ruangan atau menyalakan lilin aroma terapi.

Sementara itu pilih juga pewangi pakaian yang aromanya menenangkan. Tak ketinggalan, selalu bawa parfum atau cologne dengan aroma menyegarkan ke mana pun.

Topik Terkait :

Jokowi Resmi Lantik Pengisi Dua Kementerian Baru dan Kepala BRIN

Jangan Lewatkan