Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Meja Kerja 'Simpuh' Portable, Cocok untuk Bekerja di Rumah

Meja Kerja 'Simpuh' Portable, Cocok untuk Bekerja di Rumah Foto: Kickstarter.com

Dream - Sudah sekitar tiga pekan, kantor-kantor menerapkan bekerja dari rumah. Hal ini mengikuti anjuran pemerintah untuk melakukan social distancing demi menekan penularan virus Covid-19.

Bagi Sahabat Dream yang bekerja dari rumah, membeli meja dan kursi kerja merupakan 'investasi' yang penting. Pasalnya, kebijakan bekerja dari rumah sepertinya bakal diperpanjang hingga Mei mendatang.

Nah, ada sebuah meja kerja unik yang disebut "All-In-One Kneeling Desk". Meja kerja ini dirancang untuk mereka yang ingin bekerja dengan nyaman di mana pun dan sangat ramah bagi kesehatan tulang dan otot. Posisi duduknya tak biasa, karena kaki seperti bersimpuh.

The Edge Desk

(Foto: Kickstarter)

Dikutip dari PureWow, kursi ini mulai dikembangkan pada 2019, untuk mengurangi risiko nyeri punggung. Meja dilengkapi fitur pengaturan yang sangat mudah. Ruang kerja yang dapat disesuaikan berukuran 20 kali 30 inci, memungkinkan banyak ruang untuk komputer, mouse, keyboard, dan beberapa buku.

 

Bisa Dilipat Tak Makan Tempat

Setelah selesai dipakai, meja dan kursi ini bisa langsung dilipat dan tak makan banyak tempat. Sayangnya, perabot unik hanya dijual di Amazon. Beberapa pembeli memberi ulasan positif pada kursi ini.

“Ini sangat mudah diatur dan digunakan. Ini sangat sempurna untuk istri saya yang bekerja di komputernya sepanjang hari," tulis salah satu pembeli dalam ulasannya.

Beberapa pembeli mengomentari desain ergonomisnya, tapi ada juga mengeluhkan meja cenderung mudah goyah. Ingin membelinya, Sahabat Dream? Harga The Edge Desk ini US $306 atau Rp5 juta.

Cari Kursi Kerja yang Nyaman, Perhatikan 3 Hal Ini

Dream - Penerapan social distancing tampaknya akan diperpanjang. Hal ini karena kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat. Jadi, bersiap-siaplah untuk bekerja (work from home) lebih lama lagi.

Salah satu yang sangat menunjang kenyamanan bekerja dari rumah adalah furnitur berupa meja dan kursi kerja. Mungkin kursi di rumah hanya seadanya, berbeda dengan kursi di kantor yang memang diperuntukkan untuk para pekerja yang bekerja di depan laptop selama berjam-jam.

Pertimbangkan untuk 'berinvestasi' kursi kerja yang nyaman. Apalagi, kini banyak sekali toko furnitur online yang menawarkan diskon dan siap mengantar ke rumah. Jadi, Sahabat Dream tak perlu keluar rumah sama sekali.

Nah sebelum membeli meja dan kursi kerja, pastikan memperhatikan tiga hal berikut agar tak menyesal.

1. Durasi Bekerja
Berapa lama kamu akan menghabiskan waktu duduk di kursi dan meja? Jika delapan jam sehari, lima hari seminggu, maka harus memilih dengan bijak. Pastikan kursi memiliki desain yang baik untuk menyangga punggung, leher dan bahu.

Untuk menghindari sakit punggung dan pegal, siku, pinggul dan lutut harus berada pada 90 derajat ketika duduk. Itu hanya mungkin terjadi pada kursi yang memiliki ketinggian, kemiringan, dan penyangganya dapat disesuaikan.

 

Area Kerja

2. Area tempat kerja
Jika meja kerja berada di dekat tangga, kursi di beroda bukan pilihan yang paling bijaksana. Demikian pula, jika tidak memiliki banyak ruang, kursi besar akan membuat sempit. Pertimbangkan untuk memanfaatkan meja yang sudah ada, seperti meja makan, jadi kamu hanya tinggal membeli kursi yang ketinggiannya bisa diatur. Tak perlu memakan banyak tempat untuk ruang kerja.

3. Penting untuk dicoba
Sangat sulit untuk mencoba jika tak datang ke toko furnitur. Coba cari toko furnitur online yang bisa mencoba barang sebelum membelinya atau layanan menukar jika tak sesuai. Penting untuk mencoba kursi karena tiap tubuh dan selera orang berbeda. Tak lupa, sesuaikan dengan anggaran kamu. Hal ini mengingat di masa-masa seperti sekarang penggunaan uang harus hemat dan secermat mungkin.

Sumber: Homes to Love

Furnitur yang Harus Ada Saat Bikin Area Home Office

Dream - Bekerja dari rumah (remote working) kini jadi solusi yang banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan besar, sejak merebanyak virus corona (Covid-19). Hanya dengan laptop dan koneksi internet stabil, ada banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan.

Bahkan untuk rapat atau meeting bisa dengan video conference. Bagi Sahabat Dream yang memiliki tipe pekerjaan fleksibel, pertimbangkan untuk membuat area home office di rumah.

Nah, dalam membuat home office, tentunya ada beberapa furnitur penting yang sangat dibutuhkan. David Flack, desainer interior, dari Flack Studio memberitahu trik penting dalam menata ruang kerja di rumah.

"Tampilan ruang kerja dapat memiliki efek mendalam pada produktivitas. Ada beberapa cara agar kita dapat menciptakan ruang kantor yang terorganisir dan membuat kita bekerja dengan nyaman dan luar biasa," kata David, dikutip dari Homes to Love.

 

Privat

Hal pertama adalah menentukan area yang bakal dibuat menjadi ruang kerja. Usahakan yang privat, tidak dekat dengan lalu lalang banyak orang dan memiliki pencahayaan yang cukup.

Sudut rumah dekat jendela dengan pemandangan taman atau pepohonan bisa jadi pilihan. Pastikan saja privasi tetap terjaga.

Kedua, pilih furnitur yang efisien. Hal ini snagat penting agar ruang kerja terasa nyaman. Meja berukuran lebar tentunya sangat penting, lalu cari kursi yang benar-benar nyaman. 

"Hindari furnitur dengan banyak detail. Lebih baik yang berdesain tegas, sederhana dan untuk mengurangi kekacauan visual. Bisa juga memilih gaya tertentu, seperti industrial, midcentury atau modern dan tema lain sesuai selera," kata David.

 

Penyimpanan dan Dekorasi

Ketiga, sediakan penyimpanan tertutup. Bisa berupa lemari penyimpanan, laci ukuran sedang atau wadah ukuran besar yang bisa ditutup. Usahakan hanya ada laptop di atas meja agar tampak rapi dan nyaman. Keempat, tambahkan dekorasi yang bikin tenang.

"Bisa berupa pohon ukurna besar, lukisan di dinding, karpet bermotif seru, foto-foto indah atau mungkin lilin wangi yang juga cantik," ungkap David.

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Penampakan Dapur Unik di Rumah Mewah Komeng, Bar Mininya Bikin Salfok!

Penampakan Dapur Unik di Rumah Mewah Komeng, Bar Mininya Bikin Salfok!

Komeng memiliki dua rumah mewah yang letaknya saling berdekatan

Baca Selengkapnya
Jaga Kamar Mandi Bersih dan Bebas Bau Tak Sedap dengan 5 Cara

Jaga Kamar Mandi Bersih dan Bebas Bau Tak Sedap dengan 5 Cara

Kamar mandi yang tidak ditata dan dirawat dengan benar bisa terlihat kotor serta berbau tak sedap. Atasi hal tersebut dengan melakukan 5 hal ini.

Baca Selengkapnya
Penampakan Rumah Mungil dan Sempit dalam Kampung, Tanpa Teras dan Pagar Tapi Dalamnya Bersih dan Nyaman

Penampakan Rumah Mungil dan Sempit dalam Kampung, Tanpa Teras dan Pagar Tapi Dalamnya Bersih dan Nyaman

Meski dari luar terlihat sempit dan sederhana, rumah kecil pinggir jalan kampung ini terasa nyaman dalamnya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Langkah-Langkah Menjaga Kesehatan Mata, Suka Disepelekan Namun Dampaknya Besar

Langkah-Langkah Menjaga Kesehatan Mata, Suka Disepelekan Namun Dampaknya Besar

Menjaga kesehatan mata tidak hanya bisa dilakukan dengan menjaga asupan makanan setiap hari. Kamu juga bisa melakukan upaya lain untuk menjaga mata tetap sehat.

Baca Selengkapnya
Simpan Stroberi dengan Cara yang Tepat Agar Tidak Mudah Membusuk

Simpan Stroberi dengan Cara yang Tepat Agar Tidak Mudah Membusuk

Stroberi akan mudah membusuk jika disimpan di suhu ruang atau dibiarkan dalam keadaan lembap. Lakukan beberapa langkah untuk memastikan stroberi tidak membusuk.

Baca Selengkapnya
Penampakan Kontrakan 2 Petak ini Unik & Kecil Banget, Kamar Tidur Menyatu dengan Dapur

Penampakan Kontrakan 2 Petak ini Unik & Kecil Banget, Kamar Tidur Menyatu dengan Dapur

Kontrakan kecil dan unik, kamar tidur menyatu dengan dapur

Baca Selengkapnya
4 Langkah Penting  Biar Keju Tahan Lama dan Tak Mudah Berjamur

4 Langkah Penting Biar Keju Tahan Lama dan Tak Mudah Berjamur

Simpan keju dengan cara yang tepat agar tidak mudah basi. Perhatikan 4 hal sebelum menyimpannya di dalam kulkas.

Baca Selengkapnya
Kocak Banget,  Belajar Sahur Si Gemas Lala Ngantuk Berat

Kocak Banget, Belajar Sahur Si Gemas Lala Ngantuk Berat

Bocah lucu ini berusaha sekuat tenaga untuk menahan kantuknya saat duduk di meja makan.

Baca Selengkapnya
Momen Sedih Wanita Lagi Sakit Tak Ada yang Jenguk, Sedangkan Kamar Pasien Sebelah Ramai Saat Jam Besuk

Momen Sedih Wanita Lagi Sakit Tak Ada yang Jenguk, Sedangkan Kamar Pasien Sebelah Ramai Saat Jam Besuk

Pemandangan kamar pasien sebelah sangat kontras dengan kondisi di dalam kamar tempat dia dirawat.

Baca Selengkapnya