Kultur Warga Korea yang Wajib Pakai Sandal Rumah, Ini Maknanya

Saat masuk rumah, kaki wajib dalam kondisi bersih. Lantai adalah pusat aktivitas.

Mutia Nugraheni
| 27 November 2017 16:02

Dream - Bagi Sahabat Dream yang suka menonton drama Korea, coba perhatikan kebiasan orang Korea saat masuk rumah. Pasti mereka langsung mengganti sandal atau sepatu yang dikenakannya dengan sandal rumah.

Ada rak khusus untuk menaruh sepatu di dekat pintu masuk. Lalu lantai rumah dibuat sedikit lebih tinggi dan di bagian depannya ditaruh sandal rumah yang akan dikenakan penghuninya saat di rumah.

Kebiasaan ini sebenarnya merupakan kultur asli masyarakat Korea dan Jepang. Saat masuk rumah, kaki wajib dalam kondisi bersih. Seperti dikutip dari Asian Lifestyle Design, desain entryway atau pintu masuk rumah Korea dan Jepang memang dibuat lebih rendah.

Dari segi psikologis, tempat menaruh alas kaki tersebut juga menjadi pertanda bahwa tamu telah memasuki daerah pribadi orang lain. Umumnya, rumah di Jepang menggunakan kayu dan tatami (jerami tenun) sebagai alas rumah. Sementara di Korea, rumah-rumahnya memiliki mesin pemanas untuk menghangatkan lantai kayu.

 Pintu masuk rumah Jepang dan Korea

Kebiasaan masyarakat Korea dan Jepang memang menjadi lantai rumah sebagai pusat aktivitas. Meja dibuat serendah mungkin dan anggota keluarga berkumpul mengelilinginya tanpa menggunakan kursi.

Mereka lebih suka untuk tidur, makan dan melakukan berbagai aktivitas rumah dengan berada di lantai. Itulah mengapa, kebersihan lantai sangat diperhatikan di sebagian besar negara Asia.

Selain itu, orang warga Korea dan Jepang juga percaya bahwa dengan berjalan tanpa alas kaki bisa membuat tubuh sehat. Begitu juga masyarakat Tiongkok yang mempraktekan refleksi kaki sejak 5.000 tahun yang lalu. Berjalan tanpa alas kaki mempu merangsang saraf yang tersebar di telapak kaki. Ketika memakai alas kaki sepanjang hari, kaki tidak dapat bernapas dengan baik.

Walaupun kini furnitur bergaya Barat sudah cukup menjamur di kalangan rumah Asia, masyarakat di sana masih lebih suka duduk di lantai dan berjalan tanpa alas kaki. Pastikan apabila Anda berkunjung ke rumah warga Jepang atau Korea memakai kaus kaki yang bersih. Lepas alas kaki dari luar dan ganti dengan sandal rumah yang telah disediakan tuan rumah.

Laporan Annisa Mutiara

Sumber: Asian Lifestyle Design

Topik Terkait :

Summer Style 2019

Jangan Lewatkan