Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Manfaatkan Cuka untuk Rawat Tanaman, Cari Tahu Caranya

Manfaatkan Cuka untuk Rawat Tanaman, Cari Tahu Caranya Jamur Pada Tumbuhan/ Shutterstock

Dream - Sahabat Dream tanaman hias di rumah? Pastinya ingin selalu memastikan si 'anak hijau' tersebut tumbuh sehat dan subur. Banyak cara untuk merawat tanaman agar selalu tumbuh dengan optimal dan tampak segar.

Bukan hanya dengan pupuk, tapi bisa juga memanfaatkan cuka. Siapa sangka kalau cuka memiliki banyak fungsi untuk merawat tanaman. Apa saja yang dilakukan dengan cuka? Yuk simak.

1. Membersihkan pot tanah liat
Pot tanah liat, meski terlihat menarik, tapi bisa menyerap mineral, kalsium, dan garam dari pupuk dan air. Hal itu bisa menyumbat kemampuan berpori alaminya dari waktu ke waktu.

Untuk membuka pori-pori pada pot tanah liat, manfaatkan saja cuka. Caranya, rendam pot dalam larutan cuka (3-4 gelas air dalam 1 cangkir 5 persen cuka putih) selama 30-60 menit. Setelah itu keringkan.

2. Meningkatkan perkecambahan
Kita juga dapat menggunakan cuka untuk melembutkan kulit luar biji, yang merupakan selaput keras yang dapat mengganggu proses perkecambahan. Untuk memudahkan perkecambahan, rendam benih semalaman dalam semangkuk air dengan 5-8 tetes cuka putih. Ini akan membantu benih berkecambah lebih cepat sekaligus meningkatkan peluangnya.

 

Bisa Juga untuk Ini

3. Mengontrol jamur tepung
Asam asetat yang ada dalam cuka sangat bagus untuk mengendalikan embun tepung. Tambahkan 2-3 sendok makan cuka dalam satu galon air dan semprotkan ke area tanaman yang terkena.

4. Perbaiki pH Tanah
Campurkan 1 sendok makan cuka putih dengan 1 liter air dan tuangkan ke dalam panci. Sirami tanaman dengan larutan ini. Ini akan bermanfaat untuk tanaman yang menyukai asam seperti pakis, violet Afrika, tanaman karet, dan kacapiring. Lakukan secukupnya saja karena jika berlebihan akan membuat tanaman mati.

5. Bunga potong lebih tahan lama
Tambahkan dua sendok makan cuka putih bersama dengan satu sendok teh gula ke dalam satu pot air. Lakukan trik ini untuk menyimpan bunga potong dan akan membantunya bertahan lebih lama.

Sumber: BalconyGarden

Cantiknya 4 Tanaman Rambat untuk Hiasi Teras Rumah

Dream - Tanaman rambat jadi pilihan tepat bagi Sahabat Dream yang ingin membuat teras rumah jadi lebih asri. Bisa menutupi paparan cahaya matahari yang berlebihan dengan cara alami dan indah.

Beberapa tanaman emang sangat apik jika dibiarkan tumbuh merambat. Kuncinya adalah pemangkasan rutin. Jangan sampai terlalu lebat dan panjang dan malah menganggu kenyamanan penghuni rumah.

Sedang memilih tanaman rambat untuk di rumah? Beberapa tanaman berikut mungkin bisa jadi pilihan.

1. Star jasmine

Star Jasmine

Bintang melati atau star jasmine adalah pilihan terbaik untuk pagar teduh (Trachelospermum jasminoides). Saat menanam tanaman rambat seperti star jasmine, pertimbangkan berapa banyak sinar matahari atau keteduhan yang akan diterima tanaman.

Tanaman yang menyukai sinar matahari, di tempat yang teduh akan tumbuh ke atas. Jadi perhatikan betul arah tanaman tumbuh dan letak pagar atau gazebo yang akan dirambati.

 

2. Bougenville

Bougenville adalah tanaman yang menyukai sinar matahari yang akan memberikan semburat warna cantik di pagar belakang atau gazebo. Bougenville tersedia dalam berbagai ukuran dan warna.

Cari yang warnanya pas untuk tampilan teras rumah dan juga ukurannya sesuai. Bila ingin mencuri perhatian dengan tanaman rambat, pilih yang warnanya mencolok agar suasana rumah juga tampak ceria dan hangat.

 

3. Boston ivy

Boston ivy adalah tanaman yang menyebar dengan bebas untuk menyamarkan gudang, garasi, atau tangki. Dengan atau tanpa teralis, tanaman ini dapat menutupi pagar halaman kosong atau dinding taman. Selalu hijau dan tidak berduri.

4. Alamanda (Allamanda cathartica)

Cantiknya 4 Tanaman Rambat untuk Hiasi Teras Rumah


Merupakan tanaman bunga yang sangat cantik, kesan romantis akan menonjol jika menjadikan tanaman ini menghiasi pagar atau pergola. Bunganya berwarna kuning dan bentuknya mirip terompet. Penting diketahui kalau Alamanda ini harus memiliki media tanam yang kuat. Lakukan juga pemangkasan teratur.


Sumber: Homes to Love

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ngakak Parah! Emak-Emak Mau Tampil Cetar, Lihat Bulu Mata Palsunya Malah Bikin Tepok Jidat

Ngakak Parah! Emak-Emak Mau Tampil Cetar, Lihat Bulu Mata Palsunya Malah Bikin Tepok Jidat

Bulu mata palsu harus ditempatkan dengan di posisi yang seharusnya. Jika tak terbiasa atau mengerti teknik memasang, akan jadi bahan tertawaan orang.

Baca Selengkapnya
Ini Dampak Mencuci Wajah Setiap Pagi Bagi Kulit

Ini Dampak Mencuci Wajah Setiap Pagi Bagi Kulit

Tidak ada aturan tertulis saat membicarakan tentang seberapa sering seseorang perlu membersihkan kulitnya.

Baca Selengkapnya
Puasa Tanpa Rasa Kantuk dengan Lakukan 4 Hal

Puasa Tanpa Rasa Kantuk dengan Lakukan 4 Hal

Cegah rasa kantuk saat beraktivitas di bulan puasa dengan menerapkan 4 kebiasaan sehat.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Malas olahraga bisa bikin kamu mengalami berbagai masalah kesehatan yang berbahaya, lho. Apa aja sih masalah yang bisa timbul?

Baca Selengkapnya
Tampak Simple, Ternyata Membersihkan Wajah Ada Tekniknya

Tampak Simple, Ternyata Membersihkan Wajah Ada Tekniknya

Membersihkan wajah memang sederhana, namun kamu harus melakukannya dengan cara yang tepat dan sesuai kebutuhan kulit agar manfaatnya maksimal.

Baca Selengkapnya
9 Buah Ini Bantu Tubuh Tetap Terhidrasi saat Cuaca Terik Terjadi, Mana Kesukaan Kamu?

9 Buah Ini Bantu Tubuh Tetap Terhidrasi saat Cuaca Terik Terjadi, Mana Kesukaan Kamu?

Buah-buahan yang tidak hanya menyegarkan, tetapi juga mengandung kadar air tinggi.

Baca Selengkapnya