Luas 52 Meter Persegi, Rumah Ini Punya Kolam Ikan di Area Tengah

Hunian di Vietnam ini mungkin bisa menginpirasi.

Mutia Nugraheni
| 27 Oktober 2020 08:03

Dream - Vietnam dikenal dengan desain dan arsitektur huniannya yang sangat kreatif dan praktis. Terutama di area perkotaan yang lahannya sudah sangat terbatas. Demi mendapatkan tempat tinggal yang nyaman, arsitek dan penghuni harus berkolaborasi membuat desain rumah yang sesuai kebutuhan dengan tampilan estetik.

Seperti sebuah rumah yang dirancang biro arsitek V+ Studio. Luas rumah ini hanya 52 meter persegi, meski demikian seluruh sudut rumah dibuat dengan penuh perhitungan sehingga memaksimalkan fungsinya.

Lebar rumah 4m dan panjangnya 13m. Terdiri dari tiga lantai dengan fungsi yang berbeda. Tangga awalnya ditempatkan di tengah-tengah muka bangunan. Lantai pertama terdiri dari garasi, ruang tamu, ruang makan, dapur dan toilet.

 Ruang keluarga

Foto: Trieu Chien/trieuchien.com

Tim arsitek lalu mengubah arah tangga dengan menekan bagian samping untuk menghemat ruang dan menaruh pohon hijau dan kolam ikan. Ruang tamu rumah terinspirasi oleh suasana desa Vietnam di mana selalu pohon besar di tiap rumah untuk berkumpul, bermain dan beristirahat.

 Rumah dengan kolam dan pohon

Foto: Trieu Chien/trieuchien.com

Sekeliling pohon, terdapat kolam ikan yang membuat suasana rumah jadi lebih segar. Area ini bersebelahan langsung dengan ruang makan dan dapur tanpa sekat.

 

Selanjutnya :

Lantai 2 dan 3

BERANI BERUBAH: Peti Mati Menyentuh Hati

Jangan Lewatkan