Kunci Penataan Ruang Keluarga Agar Lebih Ramah Anak

Bukan hanya mempertimbangkan aspek estetika, tapi juga keamanan dan kenyamanan bagi anak

Mutia Nugraheni
| 5 September 2017 16:04

Dream - Memiliki buah hati yang masih bayi atau berusia balita, berarti penataan rumah harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan keamanan mereka. Mungkin Anda ingin rumah penuh dengan pernik cantik, tapi jangan sampai mengesampingkan keamanan si kecil.

Dekorasi cermin yang menggantum, standing lamp, vas panjang atau pot dalam rumah bisa jadi benda berbahaya bagi si kecil. Dalam menata ruang keluarga, tempat paling sering si kecil
menghabiskan waktu, jangan lupa untuk menerapkan hal berikut.

- Meja bulat atau oval
Dalam hal memilih funitur, lebih baik pilih yang ujungnya tak memiliki sudut tajam. Meja berbentuk oval atau bulat bisa jadi pilihan. Hindari menaruh meja kaca di ruang keluarga. Lebih baik pilih yang berbahan kayu, sintetis atau plastik. Meja kaca sangat berisiko pecah jika si kecil terlalu aktif dan mencelakainya. Begitu juga untuk rusi, pilih yang desainnya tanpa ujung tajam.

- Furnitur multifungsi
Mainan anak akan terus bertambah. Daripada Anda membeli banyak penyimpanan lebih baik pilih furnitur yang memiliki laci penyimpanan. Lebih multifungsi dan hemat tempat. Trik ini sangat pas untuk rumah mungil yang tiap sudutnya harus dimanfaatkan secara maksimal.

- Karpet lembut
Anak-anak suka sekali bermain di lantai. Agar lebih nyaman, si kecil juga tak merasa dingin saat main di lantai, taruh karpet berbahan lembut namun cukup tebal. Namun pastikan karpet ini divacuum dan dicuci secara teratur.

- Singkirkan kabel dan dekorasi berbahaya dari jangkauan anak
Biasanya di ruang keluarga terdapat televisi, gadget dan berbagai benda elektronik. Pastikan tidak ada kabel yang menjuntai dan mudah dijangkau anak karena akan sangat berbahaya.

Begitu juga dekorasi seperti standing lamp, vas kaca atau bingkai yang tergantung. Tempatkan sejauh mungkin dari jangkauan anak-anak. Jika ada yang menggantung, pastikan merekat dengan sempurna jangan sampai menimpa si kecil.

 

 

 

Topik Terkait :

Wulan Guritno Gugat Cerai Adilla Dimitri

Jangan Lewatkan