Kunci Penataan Lemari Es Agar Suhunya Terjaga

Anda harus melakukan penataan penyimpanan bahan makanan dengan tepat.

Mutia Nugraheni
| 7 Juni 2018 19:34

Dream - Adanya lemari es memang mempermudah kita dalam menyimpan bahan makanan. Apalagi di bulan Ramadan seperti sekarang. Stok makanan untuk sahur bisa disimpan di lemari es untuk kemudian dihangatkan.

Dalam menyimpan bahan pangan di lemari es, ada hal-ahal yang harus diperhatikan. Salah satunya ada waktu penyimpanan. Misalnya stok bahan pangan yang belum habis seringkali dibiarkan begitu saja, sementara Sahabat Dream baru saja membeli bahan makanan baru.

Barang belanjaan yang baru biasanya langsung dimasukkan ke dalam lemari es. Cara ini akan membuat bahan makanan yang lama akan terdorong ke belakang. Bahkan jika rak sudah tidak mampu menampung bahan makanan, kerap kali dipaksa agar semua bahan makanan bisa masuk ke dalam kulkas.

Disadari atau tidak, kebiasaan ini akan mengacaukan sistem pendinginan dari lemari es. Selain itu, dengan memasukkan bahan makanan secara paksa akan membuat Anda tidak bisa memeriksa bahan makanan mana yang sudah tidak layak dan harus dibuang.

Anda harus melakukan penataan penyimpanan bahan makanan dengan tepat. Sehingga, kinerja kulkas bisa berjalan dengan maksimal. Sebelum menyimpan makanan baru, lihat dulu sisa-sisa makanan yang ada di rak.

Jika ada yang sudah berubah bentuk, berbau dan tak mungkin diolah segera buang. Akan lebih baik jika langsung dibersihkan. Untuk bahan pangan lama yang masih bisa diolah taruh ditempat yang lebih mudah dijangkau.

Sementara bahan pangan baru, taruh di belakang. Menaruhnya dalam wadah lalu diberi label tanggal juga bisa dilakukan. Pastikan, bahan pangan yang disimpan tak melebihi kapasitas kulkas agar suhunya tetap stabil dan terjaga dan kesegarannya.

Sumber: Vinsensia Dianawanti/ Liputan6.com

Topik Terkait :

#PhoneChallenge - Fatin Shidqia Terakhir Kali Telepon..

Jangan Lewatkan