Kunci Menata Ruang Main Anak Agar Mudah Dirapikan

Membiasakan anak untuk merapikan ruang mainnya memang butuh kesabaran dan konsistensi.

Mutia Nugraheni
| 14 Maret 2021 10:20

Dream - Menyediakan ruangan khusus bermain bagi anak-anak jadi hal yang dibutuhkan dalam situasi pandemi seperti sekarang. Si kecil tak bisa bebas keluar rumah dan bertemu teman-temannya.

Dengan adanya ruang bermain, anak bisa main sepuasnya. Setelah aktivitas bermain selesai, tentunya ruangan harus dirapikan dan dibersihkan. Membiasakan anak untuk merapikan ruang mainnya memang butuh kesabaran dan konsistensi.

Untuk memudahkan anak-anak merapikan, ada trik dari desainer interior, Rebecca Simon. Yuk simak.

1. Bersihkan dan sortir
Studi menunjukkan bahwa semakin sedikit mainan akan mendorong permainan dan kreativitas otonom. Luangkan waktu untuk membersihkan ruang main atau kotak mainan empat kali dalam setahun.

Libatkan anak-anak dalam prosesnya. Biarkan mereka membantu memutuskan mainan mana yang sudah tidak mereka inginkan. Nantinya mainan dapat disumbangkan ke badan amal atau tempat lain. Jangan sampai membuat mainan menumpuk berlebihan. Setiap mainan harus memiliki tempatnya, jika sudah tak ada tempat berarti harus lakukan sortir lebih ketat.

2. Ciptakan area khusus
Ruang bermain akan berfungsi paling baik jika dipecah menjadi beberapa zona, jadi luangkan waktu untuk merencanakan semuanya. Menciptakan area tujuan di dalam ruang bermain akan mendorong anak Anda untuk bermain lebih mandiri dan untuk jangka waktu yang lebih lama. Tidak yakin zona apa yang seharusnya? Pikirkan tentang minat anak seperti Lego, membaca, atau seni dan kerajinan, dan buatlah ruang khusus untuk itu.

 

Selanjutnya :

Coba Juga Trik Ini

Fimela with Barry X iStyle | Iftar Makeup Look Tutorial

Jangan Lewatkan