Kromaterapi, Sensasi Warna yang Bisa Bikin Rumah Lebih Nyaman

Kromaterapi adalah salah satu alternatif untuk terapi ketenangan di rumah menggunakan warna.

Mutia Nugraheni
| 20 Januari 2021 12:04

Dream – Bukan sekadar membuat tampilan lebih menarik, permainan warna juga bisa berdampak pada psikologis. Mungkin Sahabat Dream pernah mendengar kromaterapi, merupakan sensasi yang ditimbulkan oleh warna, bisa digunakan untuk dekorasi rumah.

Warna terkadang dikaitkan dengan suasana hati. Misalnya, bagaimana perasaan kamu saat mengenakan pakaian warna favorit? Cenderung lebih baik dan bisa meningkatkan mood.

Kromaterapi adalah salah satu alternatif untuk terapi ketenangan di rumah menggunakan warna. Terapi ini memiliki prinsip bahwa cahaya warna atau lingkungan dengan warna tertentu berguna untuk membantu mengobati penyakit atau meningkatkan kesehatan. Beberapa praktisi psikologis sering menggunakan terapi ini untuk mengatasi stres, kecemasan, atau depresi.

Terapkan Kromaterapi
Banyak orang yang sudah akrab dengan psikologi warna. Biasanya diterapkan dalam iklan, untuk menciptakan emosi positif yang mengarahkan konsumen untuk membeli lebih banyak.

Dalam konteks ruangan di rumah orang sering berbicara warna hangat dan dingin, tergantung bagaimana menggabungkan warna-warna yang ada, dapat menyebabkan reaksi yang berbeda

Misalnya merah, kuning, oranye adalah warna hangat yang dapat menciptkan ruangan nyaman atau memicu reaksi bermusuhan, sedangkan biru dan hijau adalah warna dingin yang bisa menciptkan ketenangan atau membangkitkan nostalgia atau kesedihan.

Terapi yang berfokus pada keseimbangan warna ini menilai warna apa yang akan digunakan di tiap ruangan berbeda dengan proporsi yang pas. Tentunya dengan pertimbangan dan penyesuaian. Salah satu cara mencapai keseimbangan adalah dengan menggunakan warna putih yang berfungsi pe-netral.

 

Selanjutnya :

Pilihan Warna Kromaterapi

Wulan Guritno Gugat Cerai Adilla Dimitri

Jangan Lewatkan