Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kondisi Tanaman yang Butuh Perawatan Ekstra

Kondisi Tanaman yang Butuh Perawatan Ekstra Tanaman Hijau (Foto: Shutterstock)

Dream - Ruangan yang berisi berbagai tanaman akan membuat kesan asri, hangat dan bikin betah. Tumbuhan hijau berukuran besar, bunga serta tanaman sukulen jadi pilihan tepat untuk membuat rumah jadi tampil lebih segar.

Tantangan dari menaruh berbagai tanaman sebagai dekorasi rumah adalah melakukan perawatan. Tidak semua tanaman memiliki tingkat ketahanan yang sama. Ada yang cukup kuat meskipun tak mendapat paparan sinar matahari.

Sebaliknya, ada yang butuh banyak air untuk bisa bertahan hidup. Penting untuk mengetahui sifat tanaman di rumah untuk mempermudah perawatan. Termasuk, kenali kondisi tanaman yang sekarat dan bisa jadi mati jika tak dirawat intensif. Apa saja tanda tanaman

 

Daunnya menguning

Daun kuning bisa menjadi pertanda beberapa hal, tetapi paling umum adalah mengindikasikan masalah overwatering atau memberikan air secara berlebihan. Periksa kembali sisa air di dalam pot atau piring di bawahnya. Akar tanaman tidak boleh selalu basah atau di genangan air. Hal ini akan menyebabkan akar tenggelam dan tanaman mati.

Daun kuning tidak akan berubah menjadi hijau lagi, jadi rapikan dedaunan yang rusak dengan gunting. Jika ujung daunnya kuning, bisa menghilangkan bagian kuningnya saja dan bukan daunnya yang utuh. Kemudian, kurangi airnya.

 

Daunnya berubah warna menjadi cokelat

Sebaliknya, daun cokelat biasanya berarti tanaman haus dan terlalu kering. Biasanya kekurangan kelembaban atau kualitas air. Seperti daun kuning, kita juga harus memangkas daunyang cokelat.

Jika ujungnya kecokelatan, potong daun. Sementara, jika seluruh daun berwarna cokelat, potong di dekat pangkal. Siram tanaman dengan menyemprotnya dengan air setiap hari.



Akarnya mencuat

Jika akar tanaman merayap di sepanjang bagian atas pot atau melalui lubang drainase, saatnya untuk menanamnya kembali. Ini pertanda bahwa tanaman terikat akar dan membutuhkan lebih banyak ruang, artinya sudah waktunya untuk mencari pot yang lebih besar.

Hal lain yang akan menunjukkan tanaman sudah terlalu adalah jika air mengalir keluar melalui pot dan keluar dari lubang drainase. Hal tersebut karena akarnya mengambil terlalu banyak ruang dan tidak ada cukup rasio tanah untuk akar tanaman.

Sumber: House Beautiful

Pilihan Tanaman Terbaik untuk Lindungi Privasi Rumah

Dream - Privasi tentunya jadi hal yang tak boleh diabaikan di rumah. Banyak cara untuk membuat batasan privasi, seperti pagar, jendela dan pepohonan. Jika Sahabat Dream ingin membuat privasi yang lebih asri dan hangat, pohon besar bisa jadi pilihan.

Suasana rumah jadi bisa lebih sejuk, privasi pun jadi terlindung maksimal. Ada beberapa jenis pohon yang sering dijadikan pagar tanaman. Berikut beberapa jenis pohon yang bisa jadi pilihan untuk melindungi privasi secara lebih hijau.

Pucuk merah

Pucuk Merah

Warnanya sangat menarik dan tumbuhan ini bisa menjulang tinggi. Tanaman ini relatif mudah ditemukan dan dijual dengan harga yang murah. Untuk mendapatkan warna pucuk merah yang merata dan alami maka harus dilakukan pemangkasan secara rutin. Dengan demikian bentuk pagar hidup anda kan tidak nampak monoton dan tentu saja akan semakin menarik untuk dipandang. Memmbuat tampilan lingkungan menjadi indah dan sejuk.

Bunga Soka

Bunga soka atau merupakan jenis tanaman perdu yang memiliki julukan “Flame of the Jungle” atau api dalam hutan. Julukan ini diberikan dikarenakan bunga soka memiliki warna bunga merah, putih dan kuning.

Tanaman ini sngat cocok ditanam sebagai tanaman pagar dikarenakan memiliki warna daun yang hijau dan bunga yang cerah. Tumbuhannya juga cukup kokoh dan tak perlu banyak perawatan. Cukup pangkas secara rutin agar tampilannya antik.

 

Bambu

Untuk tanaman satu ini juga bisa digunakan sebagai pagar hidup. Ramping dan kokoh, bukan hanya bisa dijadikan pagar hidup tapi juga pagar kayu biasa. Sesuaikan saja dengan nuansa yang ingin ditampilkan di rumah.

Sumber: Ilmu Budidaya

Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
7 Masalah Kesehatan yang Sering Muncul Setelah Liburan di Alam Terbuka
7 Masalah Kesehatan yang Sering Muncul Setelah Liburan di Alam Terbuka

Berjalan-jalan di alam terbuka memiliki tantangan tersendiri. Kamu pun bisa terpapar risiko penyakit tertentu.

Baca Selengkapnya
6 Tanda Kakimu Tidak Nyaman dengan Alas Kaki yang Digunakan
6 Tanda Kakimu Tidak Nyaman dengan Alas Kaki yang Digunakan

Beberapa kondisi kaki bisa jadi pertanda ukuran atau bentuk sepatumu salah. Kenali tandanya agar bisa memilih alas kaki yang tepat.

Baca Selengkapnya
Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan Serta Cara Penanganan Cepatnya
Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kanan Serta Cara Penanganan Cepatnya

Sakit kepala seringkali menjadi keluhan yang kerap dialami oleh banyak orang. Kondisi ini dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bahaya Terlalu Sering Mengucek Mata, Bisa Picu Masalah Kornea
Bahaya Terlalu Sering Mengucek Mata, Bisa Picu Masalah Kornea

Mengucek mata bisa disebabkan beberapa hal. Ketahui penyebabnya agar bisa terhindar dari kebiasaan yang justru memperburuk kesehatan mata.

Baca Selengkapnya
Rumah Ustaz Abdul Somad Bikin Kaget, Tidur Hanya Beralaskan Tikar
Rumah Ustaz Abdul Somad Bikin Kaget, Tidur Hanya Beralaskan Tikar

Rumah milik Ustad Abudl Somad atau UAS berada di perkampungan dengan jalan yang cuma muat dilintasi satu mobil.

Baca Selengkapnya