Ketahui Batas 'Umur' Sederet Produk Pembersih

Pastikan pemakaian produk-produk pembersih tidak terlalu lama dari pembelian.

Mutia Nugraheni
| 30 Maret 2018 08:02

Dream - Untuk membersihkan tiap sudut rumah, Sahabat Dream pasti punya produk pembersih andalan. Ada yang berupa pemutih, disinfektan atau pembersih kaian serta pelembut pakaian.

Pastikan pemakaian produk tersebut tidak terlalu lama dari pembelian. Pasalnya beberapa produk juga memiliki 'umur' dan masa kedaluwarsa. Sebagai panduan, berikut
petunjukan masa berlaku berbagai produk pembersih.

Detergen
Produk ini sebaiknya habis dalam 6 bulan setelah kemasannya dibuka. Namun jika dibiarkan tertutup dan segelnya masih utuh bisa mencapai 9 hingga 12 bulan.

Pelembut pakaian
Efektivita zat pengharum di dalamnya hanya bisa bertahan 6 hingga 12 bulan setelah kemasan dibuka. Untuk kemasan yang belum dibuka bisa bertahan hingga 2 tahun.
Pastikan sebelum dipakai dikocok terlebih dulu.

Pemutih
Produk pemutih bisa bertahan 12 bulan jika kemasannya masih tertutup rapat. Namun setelah dibuka, keefektivitasannya akan menurun. Meski demikian risiko racunnya tak
menurun. Jadi tetap hati-hati dalam penyimpanannya.

Hidrogen peroksida
Kemampuan membersihkannya sekitar 30 hingga 40 hari dengan hasil maksimal. Jika disimpan dalam suhu kamar dan lingkungan yang gelap bisa bertahan hingga 6 bulan.
keefektivitasan produknya cenderung cepat menurun. Jadi lebih baik membelinya dalam kemasan kecil jika hanya untuk kebutuhan pembersihan rumah tangga.

Sumber: Apartment Theraphy

 

Topik Terkait :

Teaser - Merangkai Imaji, Hidupkan Mimpi (Reimagine Travel Through Art) - SingapoReimagine - Visit Singapore

Jangan Lewatkan