Kemampuan Mobilitas Selama di Rumah Pengaruhi Kualitas Hidup

Banyak orang tak menyadari kalau kemampuan untuk bergerak sangat berdampak pada psikologis.

Mutia Nugraheni
| 18 Maret 2021 12:03

Dream – Keterbatasan mobilitas akan terjadi seiring bertambahnya usia. Ini jadi salah atu tantangan terbesar bagi setiap individu sehingga penting untuk tetep memiliki mobilitas yang optimal demi kesejahteraan, kualitas hidup yang baik dan juga kesehatan psikologis.

“ Mobilitas sangat besar pengaruhnya dalam kualitas hidup kita, tanpa disadari bergerak menjadi sangat penting dalam kehidupan,” ujar pasikolog Astrid Wiratna, dalam konferensi pers Pentingnya Mobilitas dan Dukungan Keluarga untuk Kualitas Hidup Lebih Baik, Rabu, 17 Maret 2021.

Astrid memberikan contoh apa yang dialami pagi hari, setelah bangun tidur. Misalnya bangun supaya lebih bangun harus minum kopi, kemudian untuk membuat kopi itu harus melakukan gerakan ke tempat kopi itu berada.

Contoh lain yang diberika Astrid adalah saat bangun tidur terdapat kebiasaan biologis harus pergi ke toilet, maka orang akan bangun dari tempat tidur dan melakukan gerakan berjalan ke kamar mandi.

Bayangkan bila suatu ketika seorang tidak dapat bergerak untuk melakukannya, apa yang akan dirasakan? " Bila kita tiba-tiba tidak bisa bergerak setelah bangun, cuma ada di tempat tidur itu saja, kira-kira apa yang akan terjadi, coba bayangkan. Pertama yang terbayang pasti gak nyaman, gak bisa apa-apa kan, emosi jadi terganggu,” kata Astrid.

 

Selanjutnya :

Kualitas Hidup

Dukung Penanganan Covid-19, Rachel Vennya Malah Terancam 1 Tahun Penjara

Jangan Lewatkan