Kebiasaan yang Bikin Barang Elektronik di Rumah Cepat Rusak

Jangan lakukan hal berikut ya, Sahabat Dream.

Mutia Nugraheni
| 7 Juni 2021 08:00

Binatang peliharaan

Punya hewan peliharaan di rumah? Hewan, terutama yang berbulu seperti kucing, burung, kelinci akan mudah memicu alergi. Bulu serta sekresi cairan dan hewan mudah menyebar ke seluruh rumah dan menempel di perabot.

Sebaiknya hewan peliharaan ditaruh di ruang terpisah. Bersihkan kandang dan seluruh furnitur secara teratur. Lakukan juga vakum setiap hari untuk membersihkan bulu halus hewan peliharaan.

Debu

Debu adalah pembawa utama dan sumber alergen di udara. Protein alergen dibawa pada partikel debu dengan ukuran mulai dari 1mm hingga 20mm (mikron). Karena alergen tersebar sebagai partikel debu, mengurangi konsentrasi debu di udara secara efektif mengurangi paparan alergen di udara.

Lakukan vakum secara teratur. Untuk memastikan bahwa debu yang dihisap tetap terperangkap di dalam vakum, pilih penyedot debu yang memiliki filter udara partikulat efisiensi tinggi (HEPA).

Kecoa

Banyak yang tak menyadari kalau kecoa juga bisa memicu alergi. Alergennya cenderung berat, mirip dengan alergen tungau debu, dan hanya mungkin ditularkan melalui aktivitas seperti menyapu atau menyedot debu.

Partikel kecoa di udara memasuki selaput lendir mata, hidung, dan paru-paru, dan diketahui menyebabkan atau memperburuk berbagai penyakit alergi seperti rinitis alergi dan asma. Bersihkan sudut-sudut rumah yang lembap dan seringkali jadi sarang kecoa. Semprot juga disinfektan dan gunakan masker saat rumah sedang dibersihkan.

Sumber: Homes to Love
 

 

 

Topik Terkait :

Peran SBY Saat Main Film" The Tomorrow War" Bareng Chris Pratt

Jangan Lewatkan