Kebiasaan Buruk yang Bikin Rusak Wajan Antilengket

Bukan cuma menggunakan alat masak yang tajam tapi juga...

Mutia
| 10 Januari 2018 08:06

Dream - Wajan antilengket jadi salah satu perkakas andalan para ibu untuk memasak di dapur. Terutama jika masakan yang diolah sederhana dan tak punya banyak waktu untuk
membersihkan berbagai perabot dapur.

Penggunaannya memang sangat praktis. Tapi memang perawatannya perlu perhatian khusus karena terdapat lapisan antilengket yang harus dijaga agar tidak rusak atau mengelupas.
Pemakaian yang kasar hanya akan membuatnya lecet dan tidak bisa dipakai lagi.

Apalagi biasanya panci ini berharga mahal. Agar tak rusak jangan lakukan ini pada panci atau wajan antilengket di rumah ya Sahabat Dream.

Potong makanan langsung
Anda mungkin pernah memotong makanan langsung pada wajan antilengket. Cara tersebut akan menyebabkan lapisan antilengketnya tergores dan lepas dari lapisan pelindungnya.
Akibatnya, saat dipakai sesudahnya tak ada lagi perlindungan dan menjadi lengket. Ada baiknya untuk memotong makanan dengan menggunakan papan potong terlebih dahulu sebelum
memasukannya.

Salah menyimpan
Menyimpan wajan antilengket dengan cara bertumpuk akan menyebabkan lapisannya tertindih dan tergores satu sama lain. Jangan meletakan wajah di atas benda dengan permukaan tajam.
Cara terbaik untuk menyimpannya adalah dengan menggantungnya pada dinding atau langit-langit.

Perubahan suhu ekstrem
Meletakan wajan antilengket ke dalam air dingin segera setelah digunakan saat masih panas menyebabkan lapisan pelindung menjadi berkerut. Lama-kelamaan, lapisan tersebut akan
mengelupas dan rusak. Pastikan untuk selalu mendinginkan wajan terlebih dahulu sebelum mencucinya.

Mengaduk dengan alat besi
Ketika mengaduk makanan dalam wajan, jangan gunakan perabotan berbahan besi. Hal ini akan menyebabkan lapisan menjadi tergores. Segera beralih ke perabotan kayu atau plastik untuk mengaduk makanan di dalam.

Mencuci dengan bahan tajam
Jangan gunakan sabut pencuci piring berbahan tajam untuk mencuci teflon. Cara ini akan menyebabkan lapisan antilengketnya menjadi rusak. Gunakan spons lembut untuk mencucinya.
Agar lebih mudah, bisa merendamnya dengan air sabun terlebih dahulu.

Terlalu panas
Wajan antilengket dirancang untuk proses memasak dengan suhu rendah hingga sedang. Apabila terlalu panas, lapisan teflon akan mengerut dan rusak.

Laporan Annisa Mutiara


Sumber: GoodHouseKeeping

 

Topik Terkait :

9 Racun Berbahaya yang Berasal Dari Dapur

Jangan Lewatkan