Jurus Jitu Hilangkan Kotoran Membandel di Wajan

Membersihkannya dengan spons dan sabun biasanya tak cukup efektif.

Mutia
| 7 September 2018 19:41

Dream - Wajan tentu jadi alat masak wajib ada di dapur. Bisa digunakan untuk mengolah banyak makanan. Mulai dari menggoreng, menumis bahkan merebus dengan sedikit air.

Saat mengolah bumbu, biasanya panas dari api membuat bumbu gosong dan sangat lengket. Belum lagi minyak yang memenuhi seluruh permukaan wajan. Seringkali membuat kotoran membandel di wajan.

Untuk membersihkannya dengan spons dan sabun biasanya tak cukup efektif karena bumbu terlalu lengket. Sebenarnya proses pembersihan harus dilakukan secara tepat agar tidak merusak wajan.

Tak perlu menggunakan cara kasar dengan menggosoknya terus menerus. Anda bisa menghilangkan kerak dengan cara yang lebih mudah. Gunakan saja beberapa bahan seperti, garam kosher, spons, sedikit minyak sayur, dan kertas.

Untuk melakukan pembersihan wajan ini, disarankan untuk melakukannya ketika wajan masih panas. Sehingga kerak lebih mudah terlepas. Pertama, bilas wajan yang masih panas di wastagel. Kemudian, taburkan garam kosher di atas wajan dan cuci menggunakan spons. Setelah itu, bilas wajan seperti biasa dan keringkan panci.

Anda bisa mengeringkan panci dengan menggunakan lap atau memanaskannya di atas kompor untuk mencegah karat. Terakhir, aplikasikan sapuan minyak untuk membuat anti lengketnya bertahan lama.

Sumber: Vinsensia Dianawanti/ Liputan6.comhttps://www.liputan6.com

Topik Terkait :

#MovieTalk - A Man Call Ahok

Jangan Lewatkan