Jangan Siram Panci Panas dengan Air Dingin, Ini Efek Buruknya

Penting bagi Sahabat Dream untuk tahu cara merawat perkakas-perkakas dapur.

Mutia Nugraheni
| 8 November 2019 08:05

Dream - Panci, jadi perabot penting untuk memasak. Bisa digunakan untuk memasak air, sup, atau menumis bumbu sebelum diolah menjadi makanan berkuah. Begitu juga wajan dan perkakas lainnya.

Penting bagi Sahabat Dream untuk tahu cara merawat perkakas-perkakas ini. Ada kebiasaan yang harus dihindari jika ingin perkakas dapur seperti panci dan wajan tahan lalu.

Jangan pernah menyiram alat masak yang masih panas dengan air dingin atau setelah saat baru diangkat dari kompor. Dalam kondisi panas, panci langsung dikejutkan dengan air dingin.

Mungkin tujuannya agar tidak berbahaya dan bisa digunakan lagi untuk masakan selanjutnya, tapi itu adalah cara yang salah. Cara seperti itu dapat merusak panci, apalagi jika dilakukan secara terus menerus.

Melansir dari Huffington Post, seorang juru bicara Calphalon, merek produk alat masak yang berbasis di Amerika Serikat, mengatakan panci panas yang disiram air dingin mengalami kejutan termal, dan itu merusak panci.

" Panci akan mengalami eksansi termal (logam mengembang saat panas) dan kontraksi termal (logam menyusut saat dingin)," kata Philicia Frasson, Manajer merek All-Clad.

 

Selanjutnya :

Sebabkan Penurunan Kualitas Panci

Topik Terkait :

Yenny Wahid Rilis Produk Kecantikan Halal

Jangan Lewatkan