Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

High Tech, Ada Air Purifier Sekaligus Pot Hidroponik

High Tech, Ada Air Purifier Sekaligus Pot Hidroponik Respira/ Indiegogo

Dream - Tren tanaman dalam rumah jadi populer semenjak pandemi. Warna daun yang hijau, serta oksigen yang dikeluarkan memang membuat rumah jadi lebih segar. Terutama karena kita menghabiskan lebih banyak waktu di rumah.

Tak punya lahan? Masih banyak cara menaruh tanaman dalam rumah atau apartemen. Mungkin Respira bisa jadi salah satu cara. Alat ini dikembangkan oleh startup desain ekologi yang berbasis di Kanada.

Berupa instalasi dinding tanaman yang juga berfungsi sebagai air purifier. Instalasi ini cukup digantung di tembok rumah atau ruang kerja. Oleh sang pembuat, Respira diklaim bisa membersihkan udara lebih baik dari tanaman.

Alat ini juga memiliki sistem memaparkan akar tanaman ke udara dengan menumbuhkannya secara hidroponik, bukan di tanah. Mikroba pada akar tanaman bisa berfungsi sebagai penyaring udara.

Respira

Respira dapat menyiram tanaman dan menyala sendiri karena dilengkapi sensor (yang dapat diperiksa dari ponsel). Penggunanya juga bisa memantau kualitas udara secara real time. Ternyata sistemnya dilengkapi dengan kipas, pompa, dan kontrol lampu LED dengan manajemen penjadwalan cahaya, dan ada "mode konservasi air" yang mengurangi aliran air dan menonaktifkan kipas jika harus keluar rumah.

Tampak sangat menarik ya, Sahabat Dream.

 

Sumber: Apartment Theraphy/ Indiegogo

4 Cara Jaga Kelembapan Tanaman Dalam Ruangan

Dream – Memiliki tanaman di sekitar rumah tak hanya membuat lingkungan menjadi asri dan sejuk namun juga meningkatkan kualitas udara. Saat ini tanaman hias tak hanya diletakkan di luar rumah namun juga di dalam ruangan.

Berbeda dengan merawat tanaman hias di luar rumah, terdapat cara khusus untuk membuat tanaman hias agar selalu sehat dan tidak mudah layu. Salah satunya dengan cara membuatnya agar tetap dalam kondisi yang lembap.

Salah satu caranya adalah mengembunkan tanaman dengan cara misting untuk meningkatkan kelembapan pada tanaman. Menyemprot dedaunan dengan air hanya dapat memberikan kelembapan sementara. Saat tetesan air tersebut menguap, kelembapan pada tanaman akan kembali seperti sebelumnya.

Ada beberapa cara sederhana untuk meningkatkan kelembapan yang tahan lama pada tanaman. Yuk simak

1. Menyatukan tanaman
Menyatukan berbagai tanaman menjadi satu dapat meningkatkan kelembapan, pasalnya hal tersebut dapat menguntungkan tanaman satu sama lain. Tanaman secara alami akan melepaskan kelembapan melalui daunnya atau yang disebut sebagai proses transpirasi. Nantinya satu tanaman akan melepaskan kelembapan dan tanaman lain akan menyerap, dan begitu seterusnya.

 

Lakukan Juga Trik Ini

2. Taruh tanaman di nampan
Gunakan nampan dengan kedalaman minimal 2 inci, Isi dengan kerikil atau batu, Lalu letakkan tanaman di atas bebatuan. Pastikan tanaman seimbang dan tidak akan jatuh, kemudian isi nampan dengan air. Saat air menguap, tanaman pun akan terjaga kelembabannya.

3. Siram tanaman setidaknya seminggu sekali
Merendam tanaman bukan hal yang baik, kecuali kamu menggunakan pot yang memiliki lubang drainase. Kamu bisa menaruh tanaman di kamar mandi, dengan cara membiarkan tanaman duduk di bawah pancuran air hangat selama 5 hingga 10 menit. Hal ini tidak hanya meningkatkan kelembapan di sekitar tanaman, namun juga bisa untuk membersihkan daun bahkan dapat memenuhi kewajiban penyiraman mingguan.

4. Menggunakan humidifier
Humidifier dapat mencegah tanaman hias di dalam ruangan menjadi kering dan layu. Selain itu juga dapat meningkatkan tingkat kelembapan udara pada batas ideal. Dan dengan menggunakan humidifier, tanaman akan terjaga kelembapannya. Tanaman hias di dalam ruangan juga tetap membutuhkan air, agar dapat bertumbuh dengan baik.

Laporan Yuni Puspita Dewi/ Sumber: Apartment Theraphy

Tanaman Cantik dan Unik yang Dipercaya Bisa Membawa Keberuntungan

Dream – Aura kesegaran dan asri kerap memancar dari tanaman di rumah. Para penghuni pun semacam mendapat getaran positif dengan adanya tumbuhan hijau di beberapa sudut ruangan.

Tanpa disadari, tanaman membuat kita berpikiran lebih baik, kondisi psikologis lebih stabil dan merasa tenang. Beberapa tanaman bahkan dipercaya bukan hanya membawa ketenangan tapi juga keberuntungan.

Bagi mereka yang merayakan tahun baru Imlek, beberapa tanaman ini jika ada di rumah dianggap menyiapkan permohonan dan harapan. Termasuk juga membawa keberuntungan. Penasaran tanaman apa saja? Simak pemaparan dari Hong Kong Tourism Board (HKTB).

1. Bunga lili China (Narcissus)
Ini merupakan bunga keberuntungan. Bunga ini dipercaya akan membawa rezeki dan kemakmuran bagi seluruh keluarga serta memberikan wangi semerbak di rumah. Bila mekar di hari pertama tahun baru imlek, dipercaya akan membawa aura positif dan keberuntungan.

2. Bunga persik (Peach Blossoms)
Bagi yang mencari jodoh atau ingin memperkuat hubungan dengan pasangan mereka, bunga ini adalah pilihan yang tepat. Disarankan untuk berjalan mengelilingi tanaman ini sebanyak tiga kali searah jarum jam untuk meningkatkan peluang bertemu jodoh di masa depan.

 

Nipple fruit dan Anggrek

3. Nipplefruit

Nipple fruit

Tanaman yang terlihat aneh ini menghasilkan buat tropis berwarna kuning cerah namun tidak dapat dimakan. Dalam bahasa kanton, bunga ini disebut sebagai bunga lima generasi, yang melambangkan lima generasi tua dan muda dalam keluarga bersama-sama dan dalam kondisi sehat.

4. Anggrek kupu-kupu (Moth Orchid)

Anggrek Moth

Beberapa tahun belakangan, popularitas bunga ini meledak karena tampilan yang elegan dan kemudahan dalam perawatannya. Warna dari bunga ini menunjukan berkah yang akan diterima, setiap warna masing-masing memiliki berkah berbeda. Kuning untuk kesuksesan bisnis, putih untuk kelanggengan persahabatan, dan merah untuk hubungan cinta yang penuh akan gairah sepanjang tahun.

Laporan Josephine Widya

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Biasakan Si Kecil Pakai Dingklik Saat Buang Air di Toilet Duduk

Biasakan Si Kecil Pakai Dingklik Saat Buang Air di Toilet Duduk

Hal ini agar anak lebih mudah saat buang air besar dan lebih sehat.

Baca Selengkapnya
Pilihan Alat Masak Berdesain Estetik untuk Percantik Dapur

Pilihan Alat Masak Berdesain Estetik untuk Percantik Dapur

Cocok untuk segala jenis kompor yang memberikan fleksibilitas saat memasak.

Baca Selengkapnya
Hobi Memasak, Intip 8 Potret Dapur Rumah Putri Titian Simpel dan Modern

Hobi Memasak, Intip 8 Potret Dapur Rumah Putri Titian Simpel dan Modern

8 Potret dapur rumah Putri Titian terlihat simpel tapi tetap moderen.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Masak Pakai Perkakas Stainless Steel, Perhatikan 5 Hal Ini

Masak Pakai Perkakas Stainless Steel, Perhatikan 5 Hal Ini

Peralatan memasak yang terbuat dari stainless steel sangat populer karena tahan banting.

Baca Selengkapnya
Benarkah Air Putih Bisa Mengatasi Masalah Kulit Kering Secara Alami?

Benarkah Air Putih Bisa Mengatasi Masalah Kulit Kering Secara Alami?

Minum air putih dinilai ampuh untuk tetap menjaga dan membuat tubuh lebih sehat.

Baca Selengkapnya
Potret Dapur Vibe Kelas TK, Warnanya Cerah Banget

Potret Dapur Vibe Kelas TK, Warnanya Cerah Banget

Mulai dari cat dinding hingga perlengkapan dapur, semuanya penuh warna cerah.

Baca Selengkapnya
Gokil, Pria Ini Bisa Semprotkan Air dari Mulutnya Selama 6 Menit Tanpa Henti

Gokil, Pria Ini Bisa Semprotkan Air dari Mulutnya Selama 6 Menit Tanpa Henti

Pria asal Tiongkok ini mampu mengontrol air di dalam mulutnya sehingga dapat menyemburkannya selama 6 menit penuh. Yuk, simak kisahnya!

Baca Selengkapnya
Potret Kamar Mandi di Rumah Mewah Bos Skincare Tri Wahyuni, Ada Toilet Seharga Ratusan Juta Hingga TV LED

Potret Kamar Mandi di Rumah Mewah Bos Skincare Tri Wahyuni, Ada Toilet Seharga Ratusan Juta Hingga TV LED

Awalnya Tri Wahyuni merintis usahanya hanya dengan modal Rp300 ribu

Baca Selengkapnya
Ibu dan Anak Bisa Penuhi Kebutuhan Air Minum Berkualitas Saat Mudik dengan Mengunjungi Posko OPOR

Ibu dan Anak Bisa Penuhi Kebutuhan Air Minum Berkualitas Saat Mudik dengan Mengunjungi Posko OPOR

Ibu dan anak memerlukan air minum berkualitas serta higienis selama perjalanan mudik. Untungnya, kini ada posko OPOR yang menyediakan kebutuhan ibu dan anak.

Baca Selengkapnya