Hidup Lebih Sehat, Pilih Perkakas Masak Bebas Racun

Cobalah lebih selektif dan pertimbangkan material ini dalam memilih perkakas masak.

Mutia
| 17 Mei 2018 19:30

Dream - Banyak yang tak tahu kalau alat masak yang kita gunakan sehari-hari terbuat dari material yang berbahaya. Saat terkena panas, bahan beracun yang terkandung di dalamnya pun mengontaminasi makanan.

Seperti wajan dengan bahan antilengket atau panci dengan material aluminium, metal atau silikon. Material tersebut sebaiknya dihindari jika mencari perkakas masak. Cobalah lebih selektif dan pertimbangkan material ini dalam memilih perkakas masak.

1. Cast iron
Bahan ini sejak lama dijadikan material untuk perkakas masak. Warnanya hitam dan banyak dijual di toko perkakas masak. Saat digunakan memang cenderung berat dan tampilannya tak terlalu apik.Tapi sebenarnya material cast iron atau besi cor ini sangat aman. Perkakas cast iron juga bebas PFOA dan PTFE yang merupakan zat kimia berbahaya.

2. Stainless steel
Perkakas stainless steel juga salah satu material yang sangat aman. Tapi pastikan bahan stainlees merupakan yang berkualitas. Ada juga yang dicampur material lain sehingga kualitasnya rendah bisa membahayakan. Cari perkakas masak stainlees steel dengan kode 304, 316 dan 430 yang merupakan food grade.

3. Kaca
Perkakas masak bahan kaca juga tidak beracun dan ramah lingkungan. Level ketahanannya juga sangat baik. Tapi memang jika tidak hati-hati sangat mudah pecah. Untuk itu pastikan menyimpannya dengan baik.

Sumber: Draxe

Topik Terkait :

Menyusui Juga Perjuangan, Semangat Mom!

Jangan Lewatkan