Hal Penting yang Sering Terabaikan Saat Mencari Rumah Baru

Cari tahu apa saja hal tersebut agar hunian yang didapatkan semakin nyaman.

Mutia Nugraheni
| 28 Februari 2018 12:03

Dream - Sebagai keluarga, tentu Sahabat Dream dan pasangan bersama anak-anak memiliki rumah sendiri yang nyaman. Bukan hanya sekedar hunian, bahkan hingga bisa menghabiskan hari tua bersama.

Proses mencari hunian yang 'sreg' memang tak mudah. Memakan waktu yang lama dalam hal survei, pertimbangan berbagai faktor pun dilakukan. Mulai dari biaya, bentuk rumah, jarak dari objek vital. Dari sekian banyak pertimbangan ada hal yang sering terabaikan.

Sebenarnya tiga hal ini juga sangat penting diperhatikan saat mencari rumah. Cari tahu apa saja hal tersebut agar hunian yang didapatkan semakin nyaman.

- Tingkat kriminalitas
Hal ini sering tak terpikirkan sebelumnya padahal sangat penting terutama dalam hal keamanan. Mungkin terdapat rumah yang sangat Anda suka di daerah tertentu, tapi ternyata di daerah tersebut tingkat kejahatannya sangat tinggi. Bisa berupa pencurian, narkoba, atau kejahatan lain yang bisa mengancam keselamatan keluarga. Tak ada salahnya saat survei Anda juga bertanya dengan warga sekitar soal tingkat keamanan di sekitar daerah tersebut.

- Jarak sekolah
Bagi orangtua yang memiliki anak usia sekolah atau masih bayi, pendidikan tentu jadi yang utama. Jadi, pertimbangkan bukan hanya lokasi rumah yang dekat dengan akses transportasi tapi juga dengan pusat pendidikan, yaitu sekolah. Survei bukan hanya dilakukan di lokasi rumah tapi sebaiknya dilakukan juga untuk mencari tahu sekolah-sekolah berkualitas di sekitarnya. Jangan sampai lokasi sekolah terlalu jauh dari rumah, karena akan sangat melelahkan bagi anak.

- Harga jual kembali
Mungkin hal ini terdengar sangat aneh, belum membeli tapi mencari tahu harga jual kembali. Tapi tak ada salahnya untuk melakukan perhitungan secara detail terkait nilai rumah yang diincar di masa mendatang. Bisa saja Anda menjualnya di beberapa tahun mendatang untuk mencari rumah yang lebih besar lagi. Nilai tersebut bisa jadi perhitungan awal.

Sumber: Apartment Theraphy

Topik Terkait :

Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'

Jangan Lewatkan