Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Garam Dapur Bisa Jadi Formula Pembersih, Manfaatkan untuk 3 Hal ini

Garam Dapur Bisa Jadi Formula Pembersih, Manfaatkan untuk 3 Hal ini Garam (Foto: Shutterstock)

Dream - Seringkali kita kebingungan saat stok sabun cuci atau formula pembersih lainnya habis di rumah. Ingin berbelanja, agak takut dan malas, dengan kondisi seperti sekarang di mana antrean mengular karena imbas pandemi corona virus (Covid-19).

Ada satu bumbu dapur yang bisa Sahabat Dream manfaatkan untuk bersih-bersih, yiatu garam. Bila punya garam yang cukup banyak, tak ada salahnya untuk menggunakannya sebagian sebagai formula pembersih.

Garam memiliki tekstur yang kasar dan abrasif. Bisa membersihkan beberapa noda dan barang yang tak kita kira sebelumnya. Apa saja?

Bersihkan gelas kusam
Noda teh atau kopi pada gelas kerap kali membuat noda kusam di gelas. Untuk membuat gelas kaca kinclong kembali, gunakan saja campuran 2 sendok garam dan cuka. Diamkan dalam gelas selama sekitar 20 menit, gosok dan bilas. Gelas pun berkilau kembali.

Bersihkan saluran bak cuci piring
Pembuangan air di bak cuci piring biasanya dipenuhi dengan lemak sisa makanan. Untuk itu, sangat dianjurkan membilasnya dengan rutin. Ada ramuan andalan untuk membersihkannya, yaitu satu gelas garam dan air panas. Lakukan pembilasan dengan air garam satu kali seminggu.

Membersihkan talenan
Talenan yang digunakan sehari-hari, sangat penting untuk dibersihkan secara rutin. Sahabat Dream bisa membersihkannya dengan garam untuk menghilangkan aroma tak sedap. Cukup gosok talenan dengan garam, kemudian keringkan. Talenan pun siap digunakan kembali.

 

3 Produk Pembersih Kuman yang Wajib Ada di Rumah

Dream - Kondisi seperti sekarang, dengan meningkatnya kasus virus corona di Indonesia, mau tak mau membuat kita harus lebih ekstra dalam menjaga kebersihan. Terutama kebersihan rumah, tempat berlindung utama.

Sally Bloomfield, profesor London School of Hygiene and Tropical Medicine mengungkap beberapa produk pembersih penting yang harus ada di rumah. Hal ini agar penyebaran kuman bisa diredam dan seluruh anggota keluarga lebih terjaga kesehatannya.

Segera sediakan produk-produk ini di rumah, demi kebersihan hunian dan kesehatan seluruh keluarga. Apa saja produknya?

 

Sabun cair

Untuk sementara, kurangi atau hindari menggunakan sabun batang. Hal ini karena penggunaan sabun batang dapat dengan mudah membuat kuman berpinah. Lebih baik gunakan sabun cair. Baik untuk mandi maupun cuci tangan.

"Selalu sediakan sabun cuci tangan, di tempat yang mudah diakses. Terutama di dekat kran. Biasakan untuk selalu cuci tangan setelah sampai di rumah dengan air mengalir," ungkap Bloomfield.

 

Semprotan atau tisu antibakteri

Untuk permukaan yang kontak langsung dengan makanan seperti meja makan, piring, dan sendok garpu, Bloomfield merekomendasikan untuk menggunakan sabun yang mengandung antimikroba dan kemudian membilasnya dengan air bersih.

"Bisa juga gunakan semprotan disinfektan yang bisa membunuh kuman. Setelah itu bilas lagi permukaan dengan tisu yang telah dibasahi. Biarkan kering, baru kemudian bisa digunakan," ujar Bloomfield.

 

Lap tisu sekali pakai

Lap microfiber memang sangat baik untuk membersihkan permukaan berdebu. Jika tujuan utama adalah untuk mencegah penyebaran kuman maka pembersih yang direkomendasikan adalah tisu pembersih sekali pakai.

Biasanya berbentuk rol dengan tekstur lebih tebal. Lebih baik gunakan lap tisu ini ini karena lebih steril. Menggunakan lap yangberkali-kali, terutama jika kondisinya lembap malah akan jadi sarang kuman untuk berkembang biang.

"Ketika membersihkan permukaan dengan lap kain, mikroba pergi ke lap tersebut dan kemudian menyebar ke permukaan berikutnya dibersihkan," kata Bloomfield.

Sumber: Apartment Theraphy

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Malas olahraga bisa bikin kamu mengalami berbagai masalah kesehatan yang berbahaya, lho. Apa aja sih masalah yang bisa timbul?

Baca Selengkapnya
Bikin Tumis Pare Gurih,  Ada Trik Kurangi Rasa Pahitnya

Bikin Tumis Pare Gurih, Ada Trik Kurangi Rasa Pahitnya

Ada banyak variasi tumis pare yang dapat disajikan dengan tambahan berbagai bahan lainnya, sehingga membuat hidangan semakin nikmat.

Baca Selengkapnya
5 Kesalahan Merawat Kulit Setelah Olahraga, Bikin Jerawat Bermunculan

5 Kesalahan Merawat Kulit Setelah Olahraga, Bikin Jerawat Bermunculan

Perawatan kulit setelah berolahraga sedikit berbeda daripada biasanya. Jangan sampai salah pakai produk dan cari tahu cara tepat merawat kulit usai berolahraga.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! Tipe-Tipe Makan Bareng Teman

BUNGKUS! Tipe-Tipe Makan Bareng Teman

Acara makan paling asyik bareng teman-teman. Nah, kalau sedang ngumpul begini, ada yang bergaya seperti Dreamitie yang satu ini nggak sih?

Baca Selengkapnya