Efek Dahsyat Baking Soda untuk Membersihkan Pakaian

Selalu sediakan baking soda di rumah karena manfaatnya yang sangat banyak.

Mutia Nugraheni
| 3 Juni 2018 10:32

Dream - Baking soda selalu jadi andalan saat mengolah kue. Namun tahukah Sahabat Dream kalau baking soda yang sama juga bisa dimanfaatkan untuk membuat cucian jadi lebih bersih dan lembut?

Beberapa masalah pada pakaian bisa diatasi dengan baking soda. Untuk itu selalu sediakan baking soda di rumah karena manfaatnya yang sangat banyak. Berikut beberapa manfaat baking soda untuk pakaian yang mungkin belum Anda ketahui.

- Mengurangi aroma tak sedap
Bau tak sedap pada pakaian disebabkan oleh bakteri. Bakteri bisa hilang ketika molekul deterjen memecah sel-sel bakteri pada kain untuk dibilas. Namun, deterjen yang berkualitas rendah tidak mengandung enzim khusus untuk menghilangkan bakteri dan memerlukan dorongan untuk bekerja lebih efektif.

Baking soda bisa dimanfaatkan untuk itu, yakni mengatur tingkat pH dalam air dengan menjaganya agar tidak terlalu asam atau alkalin. Dengan menambahkan 1/2 cangkir baking soda ke setiap cucian, deterjen bisa lebih efektif mengurangi bakteri.

- Meningkatkan kerja pemutih
Pemutih klorin sering digunakan untuk membantu menghilangkan bau dan kotoran membandal. Dalam air yang terlalu asam atau basa, pemutih membutuhkan dorongan untuk bekerja lebih efektif.

Untuk itu tambahkan 1/2 cangkir baking soda bersama dengan masing-masing 1/2 cangkir pemutih (pastikan untuk menambahkan pemutih pada waktu yang tepat). Cara ini akan mengatur tingkat pH dalam air sehingga pemutih dan dterjen akan bekerja lebih efektif.

- Membuat bahan jadi lebih lembut
Baking soda membantu mengatur tingkat pH dalam air bilasan dengan menjaganya agar tidak terlalu asam atau alkalin. Menambahkan 1/2 cangkir baking soda ke setiap air bilasan bisa menyeimbangkan deterjen atau endapan mineral di dalam air. Sehingga pakaian tidak terasa kaku saat kering.

Sumber: The Spruce

Topik Terkait :

Pengakuan Mencengangkan Aulia Kesuma, Dibalik Rencana Pembunuhan Suami dan Anak Tirinya

Jangan Lewatkan