DomeGaia, Konsep Rumah Dome Ramah Lingkungan

Seperti apa bahannya?

Mutia Nugraheni
| 24 Februari 2021 10:03

Dream - Rumah yang dibangun dengan mempertimbangkan kesinambungan dan kehidupan lingkungan di sekitarnya kini sedang banyak diminati. Pemilihan bahan bangunan, konsep rumah, sumber energi dipikirkan secara detail agar tidak merusak lingkungan.

Salah satu yang cukup mencuri perhatian adalah rumah kubah DomeGaia. Rumah ini memiliki desain yang unik karena dibuat dari AirCrete yang merupakan campuran semen dan gelembung udara berbusa, sehingga menciptakan blok bangunan yang ringan, murah, tahan api, kedap air serta dapat berfungsi untuk mengisolasi bangunan.

Menurut penciptanya, AirCrete menawarkan sejumlah atribut yang diinginkan untuk digunakan sebagai bahan bangunan tempat tinggal satu lantai, serta memiliki kemampuan untuk mengurangi biaya konstruksi "dengan faktor 10" dibandingkan dengan konstruksi konvension.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Domegaia (@domegaia_)

Kunci dari AirCrete ada pada foaming agent, di mana berfungsi sebagai penahan gelembung udara kecil dalam campuran semen, dan generator busa kecil yang terus menerus menyebarkan campuran foaming agent ke dalam campuran semen untuk dicampurkan bersama.

Diklaim oleh pendiri pengembang konsep DomeGai, bahannya akan mengering dalam semalam dan dapat dipotong, diukir, dibor dan dibentuk dengan alat pertukangan. Termasuk bisa dipaku, sekrup dan mudah diperbaiki.

Kunci dari teknologi AirCrete pada pembangunan rumah ini adalah pada foaming agentnya, yang berfungsi sebagai penahan gelembung udara kecil dalam campuran semen, dan generator busa kecil yang terus menerus menyebarkan campuran foaming agent ke dalam campuran semen untuk dicampurkan bersama.


Laporan Yuni Puspita Dewi/ Sumber: Treehugger

Selanjutnya :

Intip Rumah Kontainer Berdesain Mewah

Topik Terkait :

Biaya Haji 2021 Diperkirakan Naik Jadi Rp 44 juta, Ini Hitunganya

Jangan Lewatkan