Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Disinfektan Barang di Rumah Pakai Alkohol, Lakukan dengan Aman

Disinfektan Barang di Rumah Pakai Alkohol, Lakukan dengan Aman Pakai Alkohol Untuk Bersihkan Permukaan (Foto: Shutterstock)

Dream - Berbagai produk disinfektan kini dimanfaatkan untuk membersihkan dan mensterilkan barang. Alasannya, apalagi kalau bukan mengurangi risiko paparan virus Covid-19.

Salah satu yang kini banyak digunakan adalah alkohol 70%. Penting untuk mengetahui penggunaan alkohol ini dengan benar. Jika tidak, bisa sangat berbahaya.

Nah, jika Sahabat Dream menggunakan alkohol untuk disinfektan, pastikan memperhatikan hal-hal berikut demi keamanan.

1. Jangan campur alkohol dengan pemutih
Ada beberapa kombinasi kimia yang harus dihindari, pemutih dan alkohol adalah salah satunya. Alkohol mengandung etanol dan isopropil, yang bila dicampur dengan pemutih akan menghasilkan kloroform, senyawa beracun yang mengeluarkan asap beracun dan korosif.

Menghirup kloroform dapat menyebabkan masalah serius terhadap sistem saraf pusat, hati, dan ginjal, selain mengiritasi kulit, paru-paru, dan mata serta menyebabkan mual dan pusing.

 

2. Jangan taruh dekat sumber api

Alkohol sangat mudah terbakar, untuk itu jangan digunakan atau ditaruh dengan sumber api, seperti korek atau rokok.Jadi sebelum disinfektan dengan produk alkohol, pastikan untuk memadamkan semua api di sekitar.

 

3. Pastikan ada ventilasi

Karena isopropil alkohol adalah bahan kimia yang mudah menguap, itu juga bisa menciptakan asap yang berbahaya. Saat membersihkan rumah dengan alkohol, pastikan untuk membuka seluruh jendela dan jaga area yang berventilasi sebaik mungkin.

 

4. Jangan membersihkan permukaan tertentu dengan alkohol Meskipun ini adalah desinfektan yang bisa digunakan untuk toilet atau bahkan laptop dan ponsel yang bisa membunuh virus, namun ada beberapa permukaan yang harus dihindari jika membersihkan dengan al

Meskipun ini adalah desinfektan yang bisa digunakan untuk toilet atau bahkan laptop dan ponsel yang bisa membunuh virus, namun ada beberapa permukaan yang harus dihindari jika membersihkan dengan alkohol.

Pertama yaitu permukaan furnitur, karena etanol di dalamnya adalah pelarut, alkohol bisa mencairkan lapisan finishing, sehingga membuat kerusakan pada furnitur. Hindari penggunaan alkohol pada permukaan yang dicat.

Kedua, kain tertentu. Isopropil dalam alkohol bisa menghilangkan semua noda yang sulit seperti tinta, minyak, atau getah. Perlu diingat, beberapa kain tidak cocok dengan alkohol. Bahan halus atau sintetis seperti asetat, rayon, wol, dan sutra sebaiknya dihindari dalam penggunaan alkohol.

Laporan Cindy Azari/ Sumber: Apartment Theraphy

Kebersihan yang Utama, Selalu Disinfektan Perlengkapan Bekerja

Dream - Sejumlah perusahaan menerapkan kebijakan bekerja dari rumah (work from home/ WFH) demi mengurangi penyebaran virus corona (Covid-19). Bagi Sahabat Dream yang juga bekerja dari rumah, tentunya membawa sejumlah perlengkapan dari kantor.

Mulai dari laptop, mouse, mouse pad, kabel, printer atau barang-baramg lain yang tentunya sangat penting untuk kerja. Sebelum menggunakannya, pastikan dulu barang-barang tersebut dalam keadaan bersih.

Berikut cara membersihkan dan disinfektan barang perlengkapan untuk bekerja.

Laptop
Balik laptop untuk menyingkirkan kotoran yang berukuran besar dan menyangkut di sela-sela keyboar. Gunakan lap microfiber untuk membersihkan tiap tuts. Kamu juga bisa menggunakan kapas yang sudah ditetesi sanitizer atau alkohol 70% untuk membersihkan tiap keyboard.

Untuk bagian layar cukup bersihkan dengan lap microfiber. Jangan lupa untuk membersihkan bagian mouse dan mouse pad, karena dua benda ini selalu kita sentuh setiap saat.

Bersihkan Juga Dua Barang Ini

Ponsel
Bekerja dari rumah, pastinya kita harus siap dihubungi oleh rekan kerja untuk urusan pekerjaan. Ponsel harus menyala dan selalu dalam genggaman. Untuk itu jangan abaikan kebersihannya.

Lap ponsel setiap hari. Bisa menggunakan lap microfiber dan kapas yang telah ditetesi alkohol 70%. Bersihkan bagian yang dirasa aman dan tidak bakal rusak karena alkohol.

Headphone/ ear phone
Bagi mereka yang kerap melakukan confrence meeting atau video call untuk berkoordinasi, headphone dan earphone kerap digunakan. Jangan lupa juga untuk membersihkannya dengan lap yang bersih atau tisu alkohol setiap hari setelah selesai digunakan. Ingat, menjaga kebersihan adalah salah satu ikhtiar menjaga kekebalan tubuh yang sangat penting menangkal virus corona (Covid-19)

Sumber: Martha Stewart

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Main Ponsel Sampai Tengah Malam, Bikin Kulit Cepat Keriput

Main Ponsel Sampai Tengah Malam, Bikin Kulit Cepat Keriput

Pernahkah Sahabat Dream bermain ponsel hingga larut malam?

Baca Selengkapnya
7 Bahan Alami yang Membantu Menyegarkan Napas

7 Bahan Alami yang Membantu Menyegarkan Napas

Namun, tahukah Sahabat Dream bahwa bahan-bahan alami di dapur juga dapat membuat napas terasa segar dan bersih?

Baca Selengkapnya
Pilihan Makanan dan Minuman yang Direkomendasikan untuk Penderita Maag

Pilihan Makanan dan Minuman yang Direkomendasikan untuk Penderita Maag

Memilih asupan yang tepat sangat penting untuk mengurangi risiko serangan maag.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Penampakan Dapur Unik di Rumah Mewah Komeng, Bar Mininya Bikin Salfok!

Penampakan Dapur Unik di Rumah Mewah Komeng, Bar Mininya Bikin Salfok!

Komeng memiliki dua rumah mewah yang letaknya saling berdekatan

Baca Selengkapnya
7 Tips Menjaga Kebersihan Alat Dapur Berbahan Silikon

7 Tips Menjaga Kebersihan Alat Dapur Berbahan Silikon

Intip beberapa cara menarik dalam membersihkan alat dapur berbahan silikon.

Baca Selengkapnya
Tips Menjaga Keharuman Setiap Ruangan di Rumah, Bebas Bau Tak Sedap yang Mengganggu

Tips Menjaga Keharuman Setiap Ruangan di Rumah, Bebas Bau Tak Sedap yang Mengganggu

Kenyamanan rumah juga ditentukan dari aroma yang ada di setiap ruangan.

Baca Selengkapnya
Bayi Kurang dari 2 Bulan Sebaiknya Tak Dipakaikan Krim Penangkal Nyamuk

Bayi Kurang dari 2 Bulan Sebaiknya Tak Dipakaikan Krim Penangkal Nyamuk

Bijaklah dalam menggunakan produk pengusir serangga yang mengandung DEET.

Baca Selengkapnya
Lepas Dahaga dengan Cendol Dawet Manis Bikinan Sendiri

Lepas Dahaga dengan Cendol Dawet Manis Bikinan Sendiri

Cendol dawet bisa jadi pelepas dahaga yang tepat saat cuaca panas. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah untuk dijadikan stok minuman manis dan segar.

Baca Selengkapnya