Diciptakan, Tirai yang Bisa Bersihkan Polusi

Kualitas udara dalam ruangan yang buruk dapat menyebabkan efek langsung.

Mutia Nugraheni
| 2 Maret 2019 10:18

Dream - Polusi dari luar rumah bisa masuk ke dalam dengan mudahnya melalui jendela-jendela di tiap sudut ruangan. Tentunya tak mungkin kita selalu menutup jendela demi menghalang polusi.

Sebuah teroboson keren dilakukan oleh peritel barang rumah tangga asal Swedia, Ikea. Timnya sedang mengembangkan Gunrid, sebuah tirai yang bukan hanya bisa melindungi ruangan dari silau dan menjaga privasi, tapi juga polusi.

Tirai ini dikembangkan dengan teknologi tinggi yaitu fotokatalis berbasis mineral yang diterapkan pada kain. Mauricio Affonso, seorang pengembang produk dengan Ikea, menjelaskan bagaimana Gunrid bekerja.

" Ketika kain bersentuhan dengan cahaya, itu memecah polutan dalam ruangan umum seperti bau dan formaldehida," ujarnya seperti dikutip dari Fatherly.

 Tirai Gunrid

Affonso mengatakan bahwa teknologi fotokatalisnya adalah yang pertama yang dapat diaktifkan oleh cahaya dalam ruangan. Ini adalah cara pasif dan non-listrik untuk mengatasi masalah udara serius.

Kualitas udara dalam ruangan yang buruk dapat menyebabkan efek langsung. Antara lain sakit kepala, pusing, dan kelelahan dan serta masalah penyakit jangka panjang seperti penyakit pernapasan, penyakit jantung, dan kanker.

Gunrid masih dalam proses pengujian. Jika semuanya berjalan sesuai rencana, kamu bisa mendapatkan tirai sekaligus pembersih polusi pada 2020 mendatang.
 

 

Topik Terkait :

Diundang ke Istana Bogor, AHY sampaikan dukungan SBY untuk Jokowi

Jangan Lewatkan